Fakta Menarik: Indonesia Juara Bangun Pagi di Asia Menurut Survei

Menurut data dari World Population Review, aplikasi Sleep Cycle melakukan survei global untuk mengetahui jam bangun rata-rata penggunanya.

Indonesia Juara Bangun Pagi di Asia (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Bangun pagi sering dianggap sangat bermanfaat, khususnya dalam mencapai kesuksesan. Dengan memulai hari lebih awal, seseorang bisa mendapatkan waktu lebih lama untuk berproduktivitas.

Contoh nyata dari kebiasaan ini dapat dilihat pada beberapa orang paling kaya di dunia, termasuk Tim Cook (CEO Apple), yang mengaku memulai harinya dengan bangun pada pukul 3 hingga 4 pagi.

Menurut data dari World Population Review, aplikasi Sleep Cycle telah melakukan survei global untuk mengetahui jam bangun rata-rata penggunanya. Survei tersebut melibatkan 941.300 pengguna yang terdiri dari pria dan wanita.

Aplikasi ini memanfaatkan akselerometer di ponsel untuk memantau gerakan pengguna saat tidur. Sleep Cycle akan membangunkan pengguna pada fase tidur yang paling ringan.

Menurut survei, Afrika Selatan menempati posisi sebagai negara dengan kebiasaan bangun pagi yang paling konsisten di dunia. Pengguna dari negara ini rata-rata bangun pada pukul 06:09 waktu setempat.

Di kawasan Asia, Indonesia ternyata merupakan negara dengan penduduk yang paling disiplin dalam bangun pagi. Rata-rata, pengguna dari Indonesia bangun pada pukul 06:55 pagi.

Baca juga : Kenapa Anak Muda Indonesia Menolak Menjadi Guru: Apakah Karena Masalah Gaji?

Negara-Negara dengan Kebiasaan Bangun Pagi Terbaik

  1. Afrika Selatan: pukul 06.24
  2. Kolombia: pukul 06.31
  3. Indonesia: pukul 06.38
  4. Meksiko: pukul 07.09
  5. Jepang: pukul 07.09
  6. Selandia Baru: pukul 07.11
  7. Australia: pukul 07.13
  8. Swiss: pukul 07.13
  9. Republik Ceko: pukul 07.15
  10. Slovakia: pukul 07.18
  11. Denmark: pukul 07.19
  12. Amerika Serikat: pukul 07.20
  13. Austria: pukul 07.20
  14. Swedia: pukul 07.21
  15. Hungaria: pukul 07.22
  16. Thailand: pukul 07.24
  17. Jerman: pukul 07.25
  18. Polandia: pukul 07.25
  19. Filipina: pukul 07.28
  20. Brazil: pukul 07.31

Berbagai Cara Tidur di Berbagai Negara

Menurut Sleep Cycle, kualitas tidur terbaik para penggunanya tercatat pada malam hari Rabu, dengan China sebagai negara yang menonjol dalam hal kualitas tidur.

Di sisi lain, banyak negara dari Timur Tengah, seperti Kuwait, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, dikenal dengan penduduknya yang merasa bahagia setelah bangun tidur.

Berdasarkan survei ini, Sleep Cycle menyusun rangkuman kebiasaan tidur di berbagai negara dengan mengelompokkan data berdasarkan hari. Berikut adalah detailnya:

  • Hari Senin

Secara rata-rata, negara yang paling disiplin dalam bangun pagi pada hari ini adalah Afrika Selatan, dengan penduduknya yang bangun pada pukul 06:09 di hari Senin.

  • Hari Selasa

Hari ini, penduduk Amerika Serikat paling sering bangun pada pukul 07:00 pagi. Kualitas tidur mereka di hari Selasa dikatakan sebagai yang terburuk sepanjang minggu. Negara-negara lain yang mengalami hal serupa termasuk Singapura, Swiss, Brazil, Spanyol, dan Afrika Selatan.

  • Hari Rabu

Rabu adalah hari yang paling nyaman untuk tidur, menurut 58% pengguna. Penduduk dengan kualitas tidur terbaik pada hari Rabu sebagian besar berasal dari China.

Baca juga : Nasib Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Setelah Serangan Siber, Arahan Terbaru dari Kemendikbudristek

  • Hari Kamis

Pada hari ini, pengguna dari negara-negara Timur Tengah, termasuk Kuwait, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, melaporkan kualitas tidur yang sangat buruk.

  • Hari Jumat

Pada hari Jumat, orang-orang di Amerika cenderung tidur lebih lama, dengan rata-rata bangun setelah pukul 08:24 pagi. Mereka juga melaporkan suasana hati yang sangat baik setelah bangun tidur.

  • Hari Sabtu

Karena hari Sabtu bukanlah waktu kerja atau sekolah, banyak orang cenderung bangun lebih siang. Sekitar 90% pengguna mengatakan bahwa mereka tidur lebih lama pada hari ini dibandingkan hari lainnya.

  • Hari Minggu

Meskipun Minggu merupakan hari libur bagi pekerja dan pelajar, beberapa orang masih mendapatkan waktu tidur yang sedikit pada hari ini. Contohnya, di Korea Selatan, rata-rata pengguna di negara tersebut hanya tidur selama 5 jam 3 menit.

Demikianlah negara-negara dengan kebiasaan bangun pagi yang paling konsisten. Lalu, apa aktivitas pertama yang sering dilakukan Anda setelah mereka bangun pagi?**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.