Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris, Contoh dan Tips

Perkenalan diri, atau introduction, adalah langkah awal saat bertemu orang baru untuk membuka pembicaraan dan memulai interaksi lebih lanjut.

Introduction atau Perkenalan Diri (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Perkenalan diri, atau introduction, adalah langkah awal yang penting saat bertemu dengan orang baru. Melakukan perkenalan adalah cara yang baik untuk membuka pembicaraan dan memulai interaksi lebih lanjut.

Dalam perkenalan diri, biasanya disampaikan beberapa informasi mengenai latar belakang diri. Menurut 7ESL, terdapat 11 hal umum yang sering dibahas, yaitu: nama (name), asal (country), alamat (address), usia (age), keluarga (family), ulang tahun atau nomor telepon (birthday/phone number), pekerjaan (jobs), hobi (hobbies), pendidikan (education), status pernikahan (marital status), dan ciri-ciri kepribadian (personality traits).

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris umumnya mirip dengan bahasa Indonesia. Namun, terdapat perbedaan dalam ungkapan awal, terutama saat bertemu dengan seseorang yang belum pernah kita temui sebelumnya.

Hal pertama yang biasanya diucapkan saat memperkenalkan diri adalah memberikan ungkapan salam atau sapaan. Berikut adalah beberapa contoh ungkapan salam dalam bahasa Inggris:

  1. “Hello!” (Halo) — Salam umum yang dapat digunakan dalam berbagai situasi.
  1. “Hi there!” (Hi) — Ungkapan yang lebih santai dan informal.
  2. “Good morning!” (Selamat Pagi) — Salam yang digunakan pada pagi hari.
  3. “Good afternoon!” (Selamat Siang) — Salam yang digunakan pada siang hari.
  4. “Good evening!” (Selamat Malam) — Salam yang digunakan pada malam hari.

Selain ungkapan atau sapaan, ada beberapa ekspresi yang digunakan untuk memperkenalkan diri. Berdasarkan buku ‘Easy & Fun Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari’ oleh Cristine Widiyanto dan Daniel Arsenault, berikut adalah beberapa ekspresi yang dapat digunakan untuk memulai perkenalan diri:

Baca juga : Greetings: Ungkapan Sapaan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Responnya.

  1. “How do you do?” (Salam Kenal) — Ungkapan formal yang sering digunakan dalam situasi resmi.
  2. “Nice to meet you!” (Senang Bertemu Denganmu) — Ungkapan yang digunakan saat bertemu seseorang untuk pertama kali.
  3. I don’t think we’ve meet. May I introduce myself? (Saya kira kita belum pernah bertemu. Bolehkah saya memperkenalkan diri?)
  4. Let me introduce myself. (Izinkan saya memperkenalkan diri)
  5. Ladies and gentlemen, first of all I would like to introduce myself. (Ibu-ibu dan bapak-bapak, pertama-tama saya akan memperkenalkan diri.)

Selain itu, ada ungkapan-ungkapan serupa lain seperti:

  1. I’m here to introduce my self. (Saya di sini untuk memperkenalkan diri saya.)
  2. Allow me introduce my self. (Izinkan saya memperkenalkan diri saya.)

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perkenalan adalah memberikan kalimat penutup. Berikut adalah beberapa contoh kalimat penutup yang bisa digunakan untuk mengakhiri perkenalan:

  1. Nice to meet you. (Senang bertemu dengan kamu.)
  2. Glad to see you. (Senang bertemu dengan kamu.)
  3. Pleased to meet you. (Senang bertemu dengan kamu.)
  4. It’s a pleasure to meet you. (Senang bertemu dengan kamu.)
  5. Thank you very much. (Terima kasih banyak.)

Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang dikutip dari buku ‘Super Asyiiik Ngobrol Bahasa Inggris’ oleh Yusup Priyasudiarja:

A. Perkenalan pendek

1. Hello friends. I would like to introduce my self. My name’s Rose. I’m from Surabaya, East Java. (Halo teman-teman. Aku ingin memperkenalkan diriku. Namaku Rose. Aku berasal dari Surabaya, Jawa Timur.)

2. Hi, I’m Farah Queen. Just call me Farah for short. I live in Jakarta. Nice to meet you all.

(Hai, aku Farah Queen. Panggil saja aku Farah. Aku tinggal di Jakarta. Senang bertemu dengan kalian semua.)

B. Perkenalan dengan sedikit detail informasi

1. Hello, my full name’s Nabhan Nurrohmat. Just call me Nur for short. I live in Pare, a small town in Kediri. My hobby is singing because I want to be a good singer someday later. (Hallo, nama lengkapku Nabhan Nurrohmat. Panggil saja aku Nur. Aku tinggal di Pare, sebuah kota kecil di Kediri. Hobiku menyanyi karena aku ingin menjadi seorang penyanyi yang baik suatu saat nanti.)

Baca juga : Present Perfect Tense: Panduan Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

Untuk memberikan perkenalan diri yang lebih mendalam, Anda dapat menambahkan cerita tentang keluarga. Berikut adalah contoh teks perkenalan diri secara komprehensif yang dikutip dari buku ‘Super Master Persiapan AKM & SK dan Pendalaman Materi US/USP SMA/MA Kelas X Saintek’ oleh Tim Quantum Research:

Hello, everybody. Allow me to introduce myself. My name is Nada Shafira. Please call me Ira. I was born in Blitar, April 30th 2013. Now, I’m twelve years old. I live at Jl, Anyelir No. 11, Pare. You may stop me because i’m happy if my friends come over and hang out in my house and do some great activities.

My hobby is watching box office movie. One of my favourite movies is The Fault in Our Stars. It is such an amazing movie and i always cry although i have watched it a thousand times.

I also like listening to music, especially classical and jazz. I have about 400 music CDs at home, and i listen to music almost every evening. I also like live music, so i often go to concerts and cafe where i can enjoy live performances.

Takoyaki is my favourite food. The taste is spicy. I like it a lot because I like all the food which is spicy.

I have an elder sister, Nindya and a younger sister, Naomi. I am the second child in my happy family. My father is a businessman and my mother is a housewife. I am a friendly person, so I hope we can make a fancy friendship here. Well, that’s the end of my introduction. Thank you for your attention. Good day and have a nice day.

Itulah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang mudah dipahami. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cerita tentang pekerjaan dan pendidikan untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang diri Anda.**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.