Kenali Keluarga dalam Bahasa Inggris: Nama, Arti, dan Contoh Penggunaan

Dalam menguasai bahasa asing, memahami kosakata nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris menjadi keharusan yang tak bisa diabaikan.

Nama-nama Anggota Keluarga Dalam Bahasa Inggris (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Salah satu aspek yang paling dekat dan berarti dalam hidup kita adalah keluarga. Dalam menguasai bahasa asing, memahami kosakata tentang nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris menjadi suatu keharusan yang tak bisa diabaikan.

Dalam bahasa Inggris, istilah keluarga diterjemahkan sebagai ‘family.’ Menurut Kamus Oxford, ‘family’ diartikan sebagai ‘a group consisting of one or two parents and their children,’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘kelompok yang terdiri dari satu atau dua orang tua beserta anak-anak mereka.

Konsep ini juga dikenal sebagai ‘keluarga inti,’ atau dalam bahasa Inggris disebut ‘nuclear family.’ Lantas, apa saja nama-nama anggota keluarga inti dalam bahasa Inggris?

Daftar Nama Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

1.Mother (Ibu)

Kata ‘mother’ memiliki banyak variasi sebutan yang akrab di telinga kita, seperti ‘mum,’ ‘mom,’ atau ‘mommy.’ Dalam bahasa Inggris, ‘mother’ adalah panggilan untuk ibu kita, yang setara dengan sebutan ‘ibu’ dalam bahasa Indonesia.

2. Father (Ayah)

Selain ‘mother,’ kata ‘father’ juga memiliki beragam variasi sebutan, seperti ‘dad’ atau ‘daddy.’ Dalam bahasa Inggris, ‘father’ adalah panggilan untuk ayah, yang setara dengan sebutan ‘ayah’ dalam bahasa Indonesia.

3. Husband (Suami)

Kata ‘husband’ dalam bahasa Inggris merujuk pada ‘suami’ dalam bahasa Indonesia. Artinya, ‘husband’ dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa ayahmu adalah seorang suami bagi ibumu.

Baca juga : Tahu 16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris? Temukan Semua Arah di Sini!

4. Wife (Istri)

Pasangan dari ‘husband’ adalah ‘wife,’ yang merupakan sebutan untuk ‘istri’ dalam bahasa Indonesia. Seperti halnya ‘husband,’ kata ‘wife’ juga dapat digunakan untuk menyatakan bahwa ibumu adalah seorang ‘wife’ bagi ayahmu.

5. Children (Anak-anak)

Kata berikutnya adalah ‘children,’ yang berarti ‘anak-anak.’ ‘Children’ digunakan untuk menyebut keturunan dari pasangan suami dan istri.

6. Daughter (Anak Perempuan)

Daughter’ adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti ‘anak perempuan.’ Jika ‘children’ adalah istilah umum untuk menyebut anak-anak dalam bentuk jamak, maka ‘daughter’ merujuk pada anak perempuan dalam bentuk tunggal.

7. Son (Anak Laki-laki)

Selain ‘daughter,’ terdapat juga kata ‘son’ yang berarti ‘anak laki-laki.’ Sama seperti ‘daughter,’ ‘son’ adalah istilah tunggal yang digunakan untuk menyebut anak laki-laki.

8. Sister (Saudara Perempuan)

Jika kamu memiliki kakak atau adik perempuan, mereka dipanggil ‘sister’ dalam bahasa Inggris. Untuk kakak perempuan, kamu bisa menggunakan istilah ‘elder sister,’ sedangkan adik perempuan disebut ‘younger sister.

9. Brother (Saudara Laki-laki)

Untuk kakak atau adik laki-laki, dalam bahasa Inggris sebutannya adalah ‘brother.’ Jika kamu memiliki kakak laki-laki, istilah yang digunakan adalah ‘elder brother,’ sedangkan untuk adik laki-laki, kamu bisa menggunakan ‘younger brother.

Selain ‘nuclear family,’ bahasa Inggris juga mengenal istilah ‘extended family’ untuk menggambarkan keluarga besar. Menurut buku ‘Modul Pembelajaran Bahasa Inggris’ karya Nike Aditya dan Tenia Kurniawati, ‘extended family’ mencakup anggota keluarga lainnya yang memiliki hubungan darah, baik melalui keturunan maupun pernikahan, dengan keluarga inti.

Selanjutnya, apa saja nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris yang lebih luas dan beragam?

  1. Grandmother artinya nenek;
  2. Grandfather artinya kakek;
  3. Grandparents artinya kakek-nenek;
  4. Ancestor artinya nenek moyang;
  5. Great grandfather artinya kakek buyut;
  6. Great grandmother artinya nenek buyut;
  7. Great grandparents artinya kakek nenek buyut;
  8. Aunt artinya bibi;
  9. Cousin artinya sepupu;
  10. Nephew artinya keponakan laki-laki;
  11. Niece artinya keponakan perempuan;
  12. Grandchild artinya cucu;
  13. Grandson artinya cucu laki-laki;
  14. Granddaughter artinya cucu perempuan;
  15. Grand grandchild artinya cicit;
  16. Great grandson artinya cicit laki-laki;
  17. Great granddaughter artinya cicit perempuan;
  18. Parents in law artinya mertua;
  19. Father in law artinya mertua laki-laki;
  20. Mother in law artinya mertua perempuan;
  21. Son in law artinya menantu laki-laki;
  22. Daughter in law artinya menantu perempuan;
  23. Brother in law artinya ipar laki-laki;
  24. Sister in low artinya ipar perempuan.

Baca juga : Sukses Melamar Kerja dengan Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris dan Tips Jitu

Contoh Penggunaan Nama Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris

My nama is Arif Pratama. You can call me Arif. I live at Yasmin street number 7 Ngawi, East Java. I have favorite color. My favorite color are brown and blue. Then, my favorite food are soto and rawon.

I have extended family. There are many people in my extended family. My parents, my grandmother, my grandfather, uncle, and aunt. My grandmother is Umi and my grandfather is Abi. I have uncle, he is Dino. And my aunt, she is Mila. We all live in different house. Although we live separately, we frequently do video call.

(Nama saya adalah Arif Pratama. Kamu dapat memanggil saya Arif. Saya tinggal di jalan Yasmin nomor 7 Ngawi, Jawa Timur. Saya memiliki warna favorit. Warna favorit saya adalah coklat dan biru. Selanjutnya saya juga memiliki makanan favorit. Makanan favorit saya adalah soto dan rawon.

Saya memiliki keluarga besar. Ada banyak orang di keluarga besar saya. Orang tua, kakek, nenek, paman, dan bibi saya. Nenek saya adalah Umi, kakek saya adalah Abi. Saya memiliki paman, dia adalah Dino. Dan saya memiliki bibi, dia adalah Mila. Kami tinggal di rumah yang berbeda. Meskipun kita tinggal sendiri-sendiri tetapi kita sering melakukan panggilan video.)

Selamat belajar nama-nama anggota keluarga dalam bahasa Inggris! Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu dalam memperluas kosakata kamu.**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.