Transformasi Lampung: Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga dengan Antusias.

Presiden Jokowi beserta rombongan meninjau berbagai kemajuan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Presiden Jokowi beserta rombongan meninjau berbagai kemajuan dalam pembangunan Ibu Kota Negara .(tangkapan layar).

LINTAS7NEWS – Presiden Joko Widodo mengunjungi Provinsi Lampung pada Senin (26/8/2024) untuk meresmikan proyek infrastruktur vital, termasuk bendungan baru dan revitalisasi pasar. Langkah ini akan mendukung ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Pada pukul 07.45 WIB, Jokowi terbang ke Provinsi Lampung dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, meninggalkan Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk memulai kunjungan kerjanya.

Setibanya di Kabupaten Lampung Selatan, Jokowi segera melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lampung Timur menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU untuk efisiensi waktu dan aksesibilitas.

baca juga : Investasi Rp56,2 Triliun Masuk ke IKN : Jokowi Paparkan Langkah Besar Pembangunan.

Presiden akan meresmikan SPAM Kota Bandar Lampung dan revitalisasi Pasar Pasir Gintung. Yusuf Permana mengatakan, “Kedua proyek ini diharapkan memberi manfaat besar bagi masyarakat.”

Selama kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Protokol, Pers, dan Media Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Bendungan Margatiga, yang terletak di Kabupaten Lampung Timur, memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik. Bendungan ini mencakup area genangan seluas 2.217 hektare dan memiliki tinggi 22,5 meter.

Pengerjaan Bendungan Margatiga menghabiskan anggaran Rp850 miliar dan akan memberikan manfaat untuk pengairan area irigasi seluas 16.588 hektare di Provinsi Lampung.

baca juga : Momen Penting : Heru Budi dan Pj Gubernur Jabar Ikuti Arahan Jokowi di IKN.

Bendungan Margatiga akan mengairi dua daerah irigasi di Provinsi Lampung Jabung Kiri dengan luas 5.638 hektare dan Jabung Kanan dengan luas 10.950 hektare, total 16.588 hektare.

Bendungan Margatiga juga menyediakan pasokan air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur. Selain itu, bendungan ini dapat mengurangi risiko banjir hingga 83,10 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur dan Bandarlampung. Bendungan Margatiga juga berfungsi untuk konservasi air, mencegah intrusi air asin, dan memiliki potensi untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata.**

(sd)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.