Jokowi Setuju Risma Mundur dari Mensos untuk Pilkada Jatim : Langkah yang Lebih Baik.

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di gedung MK untuk menjadi saksi dalam sidang sengketa Pilpres 2024.(tangkapan layar).

LINTAS7NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dukungan terhadap rencana Tri Rismaharini untuk mundur dari jabatan Menteri Sosial (Mensos) setelah ia resmi mencalonkan diri dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024. Jokowi menyampaikan pandangannya dalam pernyataan yang diberikan di Rumah Sakit Persahabatan Ibu dan Anak, Jakarta Timur, pada Jumat, 30 Agustus 2024.

“Ya itu lebih baik,” kata Jokowi, menilai bahwa keputusan Risma untuk mundur dari posisinya sebagai Mensos merupakan langkah yang bijaksana agar dia bisa lebih fokus dalam upaya kampanye pilkada. Menurut Jokowi, hal ini akan memberi Risma kesempatan yang lebih baik untuk berkampanye dan berkompetisi dalam Pilkada Jatim.

Jokowi juga menambahkan bahwa saat ini tidak ada aturan resmi yang mewajibkan menteri untuk mengundurkan diri ketika mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Namun, para menteri masih bisa mengajukan izin cuti untuk tujuan kampanye. “Kalau tidak ada aturannya, kan tidak apa-apa memperbolehkan,” ujar Jokowi.

baca juga : Perubahan Kabinet : Jokowi Terima Pengunduran Diri Risma dari Posisi Menteri Sosial.

Pada hari yang sama, Risma telah melaporkan niatnya untuk maju dalam Pilkada Jatim kepada Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Jokowi telah memberikan restu kepada Risma, mengatakan, “Ya berkaitan dengan pencalonan Bu Risma sebagai calon gubernur di Provinsi Jawa Timur, ya saya izinkan.”

Keputusan Risma untuk mundur dari jabatan Mensos dan berfokus pada pencalonan gubernur menunjukkan komitmennya terhadap upaya politiknya. Dukungan Jokowi menegaskan adanya kesepakatan antara langkah politik Risma dan pandangan pemerintah saat ini.

Berita ini dilansir dari Liputan6.com pada tanggal 30 Agustus 2024.**

(sd)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.