Present Perfect Tense: Panduan Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

Jumlah tenses yang cukup banyak dalam bahasa Inggris kadang membuat banyak orang merasa malas sebelum mempelajarinya.

Present Perfect Tense (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Bagi anda yang sedang belajar tense dalam bahasa Inggris pasti akan bertemu dengan present perfect tense. Tense ini, yang juga dikenal sebagai present perfect, biasanya digunakan untuk menggambarkan aksi atau situasi yang dimulai di masa lampau dan masih berlangsung hingga saat ini.

Anda juga bisa menggunakan present perfect tense untuk menyatakan kejadian yang sebenarnya sudah selesai pada waktu tertentu di masa lalu, tetapi efek atau dampaknya masih terasa hingga saat ini.

Rumus Present Perfect Tense

Jumlah tense yang cukup banyak dalam bahasa Inggris kadang membuat banyak orang merasa malas sebelum mempelajarinya. Namun, bahasa Inggris sudah semakin umum dan sering kali menjadi salah satu syarat untuk melamar kerja atau beasiswa. Jadi, meski terasa berat dan lambat, jangan biarkan semangat anda untuk mempelajari present perfect tense padam, ya! Teruslah belajar dan berlatih agar semakin mahir.

Dikutip dari English Page, present perfect tense bisa Detikers gunakan untuk membicarakan pengalaman atau perubahan yang melibatkan keberadaan tempat. Pembentukan tense ini menggunakan auxiliary verb seperti “has” atau “have”, diikuti oleh past participle atau verb 3 dari kata kerja utama.

Untuk past participle, kata kerja yang termasuk dalam kategori ini sering kali memiliki akhiran d, -ed, -en, -n, -ne, atau-t pada base form-nya, terutama untuk kata kerja beraturan (regular verbs).

Sementara pada kata kerja tak beraturan (irregular verbs), bentuk past participle-nya tidak mengikuti pola yang konsisten. Setiap kata kerja tak beraturan memiliki bentuk past participle yang unik.

Baca juga : Greetings: Ungkapan Sapaan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Responnya.

Fungsi dan Contoh Present Perfect Tense

Memahami konsep present perfect tense memang lebih mudah jika melihat penggunaannya dalam kalimat. Jadi, untuk mempermudah, simak fungsi dan contoh kalimat berikut ini:

1.Untuk mengungkapkan kejadian lampau tanpa memperdulikan waktu pasti

We have seen that movie before.

(Kami sudah pernah menonton film itu sebelumnya.)

Dari contoh Present Perfect Tense ini, anda bisa lihat bahwa penutur tidak menyebutkan kapan film itu ditonton, hanya bahwa pengalaman menonton sudah terjadi.

2. Menunjukkan sebuah aksi terjadi berkali-kali di masa lalu

We have eaten at that restaurant many times.

(Kami sudah makan di restoran itu banyak kali.)

Contoh tersebut menyiratkan bahwa makan di restoran tersebut merupakan aktivitas yang terjadi berulang kali di masa lalu hingga sekarang.

3. Menyatakan kejadian yang dimulai di masa lalu dan masih berlangsung

She has worked at the company since 2015.

(Dia telah bekerja di perusahaan tersebut sejak 2015.)

Contoh present perfect tense diatas menggambarkan bahwa dia mulai bekerja di perusahaan itu pada tahun 2015 dan masih bekerja di sana saat ini.

Baca juga : Pengertian, Urutan, dan Contoh Penggunaan Cardinal Number

4. Membicarakan acara yang baru terjadi

I have just finished my homework.

(Saya baru saja selesai mengerjakan pekerjaan rumah saya.)

Pada contoh kali ini, menunjukkan bahwa pekerjaan rumah selesai baru-baru ini. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan kata just yang dapat diartikan baru saja.

Bagaimana? Sudah mendapatkan gambaran mengenai pemakaian present perfect tense lewat contoh kalimat di atas? Selain menghafalkan rumus, penting juga untuk memperdalam pemahaman dengan praktik. Cobalah mengisi soal atau berbicara dengan native speaker untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menggunakan present perfect tense dengan lebih lancar.

Jadi, selain menguasai present perfect tense, penting untuk melanjutkan belajar ke bentuk tense lainnya untuk memperluas pemahaman bahasa Inggris. Dengan menguasai berbagai tense, Anda akan lebih percaya diri dan mahir dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Teruslah berlatih dan eksplorasi materi bahasa Inggris agar kemampuan Anda semakin meningkat ya!**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.