Masa Depan Cerah Dimulai dari Sekarang, Mengapa Siswa Harus Menguasai Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris membuka akses ke berbagai peluang global dan memperluas wawasan.

Siswa Perlu Belajar Bahasa Inggris (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Terdapat banyak alasan mengapa penguasaan bahasa Inggris sangat penting bagi pelajar dan mahasiswa. Sebagai bahasa internasional dan dikenal sebagai lingua franca, bahasa Inggris membuka akses ke berbagai peluang global dan memperluas wawasan.

Menurut data dari laman provider statistik Statista, pada tahun 2021 terdapat sekitar 1,35 miliar orang di dunia yang menggunakan bahasa Inggris, baik sebagai bahasa ibu maupun sebagai bahasa kedua.

Agar pembaca lebih termotivasi untuk belajar bahasa ini, rangkuman sejumlah alasan dari Oxford Royale Academy yang menjelaskan mengapa mempelajari bahasa Inggris sangat penting dan sebaiknya segera dimulai.

Manfaat belajar bahasa Inggris di era ini

1. Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling dapat digunakan secara luas

Di dunia, terdapat 60 negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Beberapa di antaranya adalah Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan negara-negara lainnya.

Selain itu, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak diadopsi sebagai bahasa kedua. Contoh negara-negara yang menggunakannya sebagai bahasa kedua termasuk Norwegia, Swedia, Jerman, Denmark, dan Belanda.

Baca juga : Berlatih Dialog Bahasa Inggris: Contoh Percakapan dari Berbagai Topik dengan Terjemahan

2. Bahasa Inggris memberi akses pada sejumlah literatur terbaik di dunia

Dengan mempelajari bahasa Inggris, kamu dapat menikmati karya-karya dari penulis terkenal di seluruh dunia dalam interpretasi yang sesuai dengan maksud asli penulisnya. Hal ini karena terjemahan tidak selalu mampu menyampaikan nuansa dan makna yang dimaksud oleh penulis aslinya.

Selain itu, membaca literatur berbahasa Inggris juga akan meningkatkan pemahaman terhadap bahasa tersebut.

3. Bahasa Inggris memberi lebih banyak akses terhadap kultur pop

Belajar bahasa Inggris memudahkan kamu untuk menonton serial atau film Hollywood, serta berbagai tontonan berbahasa Inggris lainnya. Selain itu, mempelajari bahasa ini juga memungkinkan kamu untuk menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris.

Manfaat belajar bahasa Inggris untuk masa depan

1. Membuka lebih banyak kesempatan ke berbagai penjuru dunia

Baik untuk keperluan belajar maupun berwisata, menguasai bahasa Inggris akan mempermudah perjalanan ke berbagai tempat di dunia. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir saat berkomunikasi dengan penduduk lokal yang kamu temui.

Baca juga : Variasi Nama Ikan dalam Bahasa Inggris, Dari Lele Biasa Hingga Paus Eksotis

2. Bahasa Inggris memberi lebih banyak peluang kerja

Menguasai bahasa Inggris menunjukkan bahwa kamu telah menginvestasikan banyak upaya dan waktu dalam proses pembelajarannya. Selain itu, bahasa Inggris juga dianggap sebagai ‘bahasa profesional’.

Menambahkan keahlian berbahasa Inggris ke dalam CV akan memberikan nilai tambah dan membuat kamu lebih menarik di mata para HRD.

3. Menguasai bahasa Inggris akan membukakan peluang ke berbagai acara internasional

Untuk menghadiri acara internasional, seseorang perlu menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi. Manfaat tambahan dari kemampuan ini adalah peluang untuk memperluas jejaring secara global.

Demikianlah beberapa alasan mengapa belajar bahasa Inggris sangat penting, baik untuk saat ini maupun untuk masa depan. Apakah kamu siap untuk memulai pembelajaran?**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.