Kematian Ibu Hamil Turun 100 Persen, Dinkes Belum Lega

TULUNGAGUNG –Upaya Dinas Kesehatan Tulungagung menekan angka kematian ibu hamil  terus menuai hasil positif. Tercatat tahun ini hanya 9 orang ibu hamil yang meninggal dari periode Januari hingga awal Desember . Turun 100 persen dibandingkan  tahun 2018 lalu ibu hamil yang meninggal 18 orang.

Sukses itu dikarenakan gencarnya dinas kesehatan dalam memperhatikan masyarakatnya,mulai bayi hingga lansia. Namun begitu, menurut Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Siti Munawaroh, hal ini belumlah melegakan. Lantaran pada tahun ini masih menyisakan 20 hari menjelang pergantian tahun. Ia beranggapan, apapun bisa terjadi di sisa 20 hari tersebut.

“Per Januari hingga detik ini masih tercatat 9 orang yang meninggal, kita belum bisa lega karena masih ada sisa 20 hari. Dan apapun bisa terjadi” ungkap Siti ketika ditemui di Barata Hall seusai acara penyuluhan posyandu. Pantas jika dinas kesehatan belum sepenuhnya lega. Lantaran kesuksesan program  menekan jumlah stunting dan AKI (Angka Kematian Ibu) ditentukan oleh sedikitnya kasus kematian ibu hamil. “Belum bisa lega, kalau tahun ini ternyata jumlahnya lebih banyak dari tahun kemaren, bisa dibilang ini tidak sukses” imbuhnya.  (sir/yog)

Bagikan Melalui