Cegah Longsor dan Banjir, Kapolres Ajak Tanam Pohon

TULUNGAGUNG – Mencegah tanah longsor, banjir, serta menjaga sumber mata air, Polres Tulungagung bekerja sama dengan Kodim 0807 serta Komunitas Peduli Lingkungan melaksanakan kegiatan “tandur bareng”. Yaitu penanaman ulang pohon di beberapa tempat.

Terlihat 500 lebih masyarakat berkumpul di Argo Patok Candi Dadi, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol mengikuti acara ini. “Sebanyak 60 komunitas, mulai dari pelajar, lintas agama dll hadir dalam acara ini. Ini menandakan bahwa mereka peduli lingkungan,”  kata Kapolres Tulungagung, AKBP E.G Pandia.

Dia menjelaskan, program seperti ini memanglah tidak bisa dirasakan manfaatnya saat ini. Namun pihaknya berharap, kelak masyarajat Tulungagung akan merasakan manfaatnya jika mau peduli dengan lingkungan. “Memang penanaman pohon ini bukan saat ini terasa. Tetapi mungkin 10-15 tahun kedepan ini bisa dinikmati anak cucu kita” terangnya.  

Agenda tandur bareng sendiri sudah dimulai dari tahun 2016 oleh Komunitas Peduli Lingkungan. Terhitung dari tahun 2016 hingga saat ini sebanyak 184 ribu pohon yang sudah ditanam di wilayah Tulungagung.(sir/yog)

Bagikan Melalui