Kim Joung-un Serahkan Kekuasaan Kepada Adiknya

Seoul- Media pemberitaan Korea Selatan melaporkan kesehatan Kim Jong-un yang memburuk. Seperti dikutip dari Sindonews.com dari The Korea Herald,Minggu (23/8/2020). Mengabarkan bahwa saat ini kesehatan pemimpin Korea Utara tersebut dalam kondisi terburuk.

Kesehatan pemimpin muda ini berulang kali membuat media Korea Selatan berada dalam hiruk-pikuk. Kali ini, seorang mantan pejabat Korea Selatan mengatakan kepada penyiar lokal bahwa langkah baru-baru ini di Korea Utara untuk memberi Kim Yo-jong kekuasaan yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah imbas dari kesehatan sang diktator yang menurun.

Mengutip laporan The Guardian akhir pekan lalu, Kim Yo-jong telah diberi kewenangan parsial untuk mengawasi urusan umum kenegaraan dalam sebuah langkah yang dipandang meringankan beban kerja Kim Jong-un.

Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan memberi tahu politisi negara itu bahwa adik perempuan Kim Jong-un sekarang berstatus “de facto second in command” atau secara harfiah bermakna penguasa nomor dua.

Pada bulan April dan Mei tahun ini, menghilangnya Kim Jong-un dari kehidupan publik memicu desas-desus liar tentang kesehatannya yang menurun.(*)

Bagikan Melalui