Dinas PMD Kabupaten Blitar, Pelatihan Kewirausahaan Dalam Rangka Pelestarian Program Jalin Matra

BLITAR – Dinas Permberdaya Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Blitar Mengadakan Pelatihan Kewirausahaan dalam rangka Pelestarian Program (Jalin Matra) dengan pelatihan pembuatan berbagai aneka kue kering pada 10 sampai 12 maret 2020. Bertempat di Food Producing and Training Center fakultas Pertanian universitas Brawijaya Malang.

Dengan narasumber, Pengusaha Roti Kering, Andik Arnowo, Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Dr. Widya Dwi Rukmi Putri, S.TP, MP, Ketua Food Production and Training Center (FPTC), Mochamad Nurcholis, S.TP, MP.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan kegiatan tersebut di lakukan dalam melestarikan Program Jalin Matra yang berhenti pada tahun 2018 dengan memberikan pelatihan untuk ibu-ibu yang menerima program itu.

” Program jalan lain Menuju mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) adalah program yang di gagas oleh pemerintah provinsi Jawa Timur yang secara khusus di peruntukan untuk menanggulangi feminasi kemiskinan atau rumah tangga miskin dengan kepala rumah tangga perempuan (KRTP).” Tuturnya, di konfirmasi oleh lintas7news.com, Minggu (25/10/2020)

Dalam Program Penanggulangan Kemiskinan Jalin Matra juga sebagai suatu bentuk kontribusi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung Program PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan) khususnya dalam hal mengurangi presentase kemiskinan yang berwajah perempuan menjadi setengahnya pada tahun 2014.

” Dengan pelatihan ini harapan ibu-ibu bisa berwirausaha dengan membuat berbagai aneka kue kering untuk di jual belikan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.” jelasnya

Pelatihan ini, bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan mengevaluasi pelaksanaan program Jalin Matra yang kesejahteraan ditandai dengan kemakmuran terpenuhinya semua kebutuhan yang berkaitan dengan sandang, pangan dan papan.

” Program ini dibentuk untuk mendorong motivasi berusaha KRTP agar mempunyai usaha produktif untuk peningkatan aset usaha atau pendapatan keluarga dalam rangka meningkatkan pendapatan RTS (Rumah Tangga Sasaran) penerima bantuan Program Jalin Matra.” Tambahnya.(Panji/AN)

Bagikan Melalui