Dinas Pertanian Jatim Berikan Bantuan Benih Padi 15 Ton Kepada Petani Di Kecamatan Wlingi

BPP Kecamatan Wlingi Berikan Bantuan Benih Padi Secara Simbolisme. (Foto)

Lintas7news.com, Blitar – Untuk menunjang kebutuhan beras di kabupaten Blitar, Dinas Pertanian provinsi Jawa timur memberikan bantuan benih padi sebanyak 15 ton kepada Dinas pertanian dan pangan kabupaten Blitar secara gratis.

Dengan menyalurkan benih padi melalui BPP (badan penyuluhan pertanian) Wlingi kepada 21 kelompok tani yang mendapat bantuan dari jumlah keseluruhan 69 kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Manunggal  Sekecamatan Wlingi.

Gapoktan Manunggal keseluruhan memliki anggota sebanyak 2390 orang. Dengan luas sawah 1525 Hektare untuk penanaman padi maupun hortikultura seperti sayur, cabe dan sebagainya.

Ninik Dwi Handayani Sebagai koordinator penyuluh di BPP kecamatan Wlingi mengatakan salah satu kelompok tani yang mendapat bantuan di Kelurahan Beru terdiri dari 4 kelompok yaitu kelompok tani Barokah, kelompok tani Ruas, Kelompok tani Budi Luhur dan Kelompok tani Makmur dengan luas keseluruhan sekitar 177 hektare.

” Kelompok tani yang paling banyak anggotanya di kelurahan Beru yaitu kelompok tani Barokah yang anggota sebanyak 108 orang dengan luas sawah untuk penanaman kurang lebih 60 hektare,” Ujarnya kepada wartawan, Kamis, (2/6/2021).

Untuk pembagian benih padi di hitung dari luas sawah yang di tanam dengan perbandingan 25 kg benih untuk 1 hektare sawah. Jenis benih padi yang di bagikan yaitu Inpari 42 dan kelompok tani Barokah mendapatkan 1.5 ton benih.

” Melihat tahun lalu Jenis benih Inpari 32 mampu menghasilkan padi sebanyak 7 ton hinggal 8 ton lebih sekali panen per hektare nya. Jadi dinas pertanian dan pangan kabupaten Blitar melalui BPP Wlingi terus memberikan penyuluhan, masukan dan pelatihan kepada petani agar mampu meningkatkan perekonomian maupun kebutuhan pangan di kabupaten Blitar, ” Jelas Ninik.

Ketua Kelompok Tani Barokah Maskuri menambahkan kami sangat terbantu dan berterima kasih kepada Dinas pertanian dan pangan kabupaten Blitar melalui BPP Wlingi yang terus hadir bersama kita dalam memberikan support melalui pelatihan maupun solusi dalam menyelesaikan masalah bagi petani seperti hama, saluran irigasi dan sebagainya.

” Dan kami juga berterima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur yang telah memberikan bantuan berupa bibit padi jenis Inpari 32 . Harapan kami dengan bantuan ini dapat meningkatkan hasil panen dan mensejahterakan petani yang ada di kecamatan Wlingi,” Ucapnya.(PA)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.