Kendaraan Pemkot Surabaya Disulap Jadi Mobil Jenazah Covid

Lintas7News.com – Sejumlah kendaraan dinas milik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, dimodifikasi menjadi mobil jenazah. Langkah ini dilakukan untuk menambah kapasitas di tengah lonjakan kasus Covid-19.

“Sudah jadi, mobil dinas kami sudah jadi mobil jenazah. Makanya kita buka Puskesmas 24 jam karena mobilnya sudah banyak,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Kamis (14/7).

Eri mengaku akan semaksimal mungkin menambah kapasitas layanan kedaruratan kepada warga. Kendaraan mobil jenazah yang dimiliki Pemkot Surabaya saat ini jumlahnya juga terbatas.

“Yang sudah ada sekitar 14 unit. Karena target kami sekitar 30 unit. Nanti akan kami tambah lagi,” ujarnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Sementara itu, Kepala Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Kota Surabaya, Noer Oemarijati mengatakan sebanyak 14 kendaraan dinas yang telah dimodifikasi menjadi mobil jenazah.

Kendaraan tersebut, sebelumnya merupakan mobil operasional yang dimiliki beberapa PD di lingkup Pemkot Surabaya.

Meski demikian, Noer memastikan bahwa mobil itu sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan kondisinya masih layak jalan.

“Jadi memang ada spesifikasinya. Karena PD yang punya kendaraan panther itu memang kondisinya layak dipakai untuk mobil jenazah,” katanya.

Mobil-mobil ini sebelumnya digunakan sebagai kendaraan operasional. Misalnya, milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, serta Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya.

Noer menargetkan setidaknya ada 30 unit mobil jenazah yang disiapkan untuk mendukung layanan kedaruratan di Surabaya. Ia memastikan menjamin keamanan bagi para petugas yang membawa mobil jenazah hasil modifikasi itu.

“Kami kasih sekat. Biar untuk safety dari driver, walaupun mereka sudah memakai hazmat tapi kan lebih aman lagi kami beri sekat,” ujarnya.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.