WNI Di Afghanistan Akan Dievakuasi

Lintas7News.com – Kementerian Luar Negeri mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan di tengah peningkatan ketidakpastian setelah Taliban menduduki Istana Kepresidenan.

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan, dengan pesawat TNI AU,” ujar Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, melalui Twitter, Jumat (20/8).

Retno mengatakan bahwa saat ini, pesawat TNI AU yang mengangkut WNI itu sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI),” tulis Retno.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Namun, Retno tak mengabarkan lebih lanjut apa masih ada WNI yang berada di Afghanistan.

Retno juga belum menjabarkan lebih lanjut mengenai operasional Kedutaan Besar RI di Kabul setelah evakuasi ini.

Situasi di Afghanistan sendiri saat ini sedang tak menentu. Pada Selasa (17/8), pasukan keamanan Amerika Serikat bahkan sempat menghentikan semua penerbangan militer dan sipil di bandara Kabul setelah ribuan warga memenuhi landasan pacu.

Afghanistan kembali dalam gejolak setelah Taliban menduduki Kabul dan Istana Kepresidenan pada Minggu (16/8). Presiden Ashraf Ghani pun kabur ke Uni Emirat Arab.

Ghani menyatakan bahwa saat ini, Taliban sudah memenangi seluruh pertempuran. Ia menegaskan bahwa Taliban bertanggung jawab untuk melindungi kehormatan, kemakmuran, dan harga diri rakyat Afghanistan.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.