PON XX Digelar Besok, Jokowi Terbang Ke Papua

Lintas7News.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat menuju Jayapura, Papua untuk melakukan kunjungan kerja. Salah satu kegiatan Jokowi di Papua adalah membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Sabtu (2/10) besok.

Jokowi bertolak ke Papua usai memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lobang Buaya, Jakarta Timur. Rombongan kepresidenan berangkat pukul 09.20 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Dalam kunjungan kerja tersebut, Presiden diagendakan untuk membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, hingga meresmikan sejumlah infrastruktur,” keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jumat (1/10).

Jokowi dan rombongan akan mendarat di Bandara Sentani. Ia bermalam di Jayapura dan baru akan beraktivitas esok hari.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta itu didampingi sejumlah pejabat negara dalam kunjungan ke Papua. Beberapa di antaranya adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Selain itu, Sekretaris Militer Presiden Marsda M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin.

Untuk pertama kalinya, perhelatan olahraga terbesar di Indonesia digelar di Provinsi Papua. Penyelenggaraan PON XX Papua sempat diragukan karena pandemi Covid-19 dan kontak senjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan aparat TNI-Polri.

Meski begitu, pemerintah tetap melanjutkan persiapan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menjamin keamanan perhelatan tersebut.

“Insya Allah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis, tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak seram gitu, karena ini pesta olahraga,” kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10).

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.