Keinginan Jokowi IKN Nusantara Jadi Contoh Transformasi RI

Lintas7News.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ibu kota baru (IKN) Nusantara akan dijadikan contoh (showcase) kemajuan dan transformasi Indonesia di berbagai lini.

Ia mengaku ingin memamerkan IKN sebagai contoh transformasi suatu negara baik dari segi lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, dan teknologi.

Lalu, juga dalam peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, serta tata sosial yang toleransi dan menjunjung etika publik.

“Program pembangunan IKN di Kalimantan Timur merupakan bagian penting dalam proses ini, IKN Nusantara akan kita jadikan showcase transformasi,” ujarnya pada pembukaan Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2).

Selain IKN, Jokowi berharap juga dapat memamerkan kawasan industri hijau atau green industrial park di Kalimantan Utara sebagai transformasi lingkungan, sosial, dan pemerintah yang beralih menuju energi terbarukan.

Seperti diketahui, pemerintah sedang membangun proyek mega ibu kota baru di Penajem Paset Utara, Kalimantan Timur. Proyek ini diharapkan dapat menumbuhkan pusat ekonomi baru di luar Pulau Jawa.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Jokowi menargetkan ibu kota baru dapat pindah dalam semester I 2024 mendatang atau sebelum ia turun jabatan.

Saat ini, pemerintah dan DPR RI telah mengesahkan UU IKN yang menjadi landasan hukum pembangunannya.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.