Sirkuit Mandalika Salah Satu Yang Terlengkap di Dunia

Lintas7News.com – Mantan pembalap nasional, Ahmad Jayadi menilai Sirkuit Mandalika yang akan menggelar seri kedua MotoGP 2022 masuk salah satu sirkuit terlengkap yang ada di dunia.

Jayadi mengungkapkan Sirkuit Mandalika punya karakter tersendiri dan komplet. Ini karena Sirkuit Mandalika memiliki high speed corner, U turn, dan tikungan lurus.

“Sirkuit Mandalika punya karakter sendiri. Kebanyakan sirkuit lain itu high speed corner. Tapi kalau mandalika itu punya high speed corner, ada U turn, dan ada straight,” ucap Jayadi saat menjadi pembicara dalam acara bertajuk “Highlight MotoGP Qatar dan Preview Grand Prix of Indonesia” di Kuningan, Jakarta, Senin (7/3).

Lebih lanjut, Jayadi menambahkan bahwa jika ada satu pembalap yang bisa menyetel motornya sedemikian rupa agar cocok dengan karakteristik Mandalika. Setelan tersebut akan bisa dipakai di sebagian besar sirkuit dunia.

“Jadi, ketika orang atau pembalap bisa menyetel motornya dengan baik sesuai dengan karakter Mandalika, otomatis setelan dia akan bagus di setiap sirkuit. Sirkuit Mandalika ini nantinya bisa dijadikan salah satu sirkuit tes atau latihan pramusim sebelum MotoGP bergulir, agar tim-tim bisa mendapatkan data yang lengkap untuk mengembangkan motornya,” katanya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Sirkuit Mandalika sendiri terus berbenah untuk menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022. Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda mengatakan proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sudah 60 persen.

Pengaspalan ulang sirkuit ini diperkirakan selesai lebih cepat yakni pada 8 Maret mendatang. Nantinya lintasan Sirkuit Mandalika dilapisi aspal berteknologi Stone Mastic Asphalt.

MotoGP Mandalika akan menjadi tuan rumah pada 18-20 Maret mendatang. Seri perdana MotoGP sudah berlangsung di Qatar pada akhir pekan lalu.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.