Luhut: Pandemi Terkendali, Kasus Covid Turun 97 Persen

Lintas7News.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.
Luhut menyampaikan jumlah kasus Covid-19 telah menurun 97 persen dari puncak gelombang ketiga. Dia menyebut penurunan signifikan itu terjadi dalam kurun waktu tiga bulan.

“Kami menarik kesimpulan bahwa kondisi varian Omicron Indonesia saat ini pada posisi yang terkendali,” kata Luhut dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (4/4).

Luhut menyampaikan jumlah kasus aktif juga telah menurun 83 persen. Saat ini, kasus Covid-19 yang aktif tak sampai 100 ribu kasus.

Tingkat keterisian rumah sakit saat ini juga berada di angka 6 persen. Selain itu, sambungnya, positivity rate hanya di angka 4 persen, di bawah standar WHO.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Luhut menyampaikan penurunan jumlah kasus Covid-19 berdampak pada penurunan level asesmen. Dia memastikan tak ada lagi daerah level 4 di Jawa-Bali saat ini.

“Sebanyak 93 persen kabupaten/kota di Jawa-Bali sudah berada pada level 1 dan 2, hanya tersisa 9 kabupaten/kota yang masih di level 3,” ujarnya.

Luhut pun menyampaikan mobilitas masyarakat meningkat seiring sejumlah pelonggaran aturan. Dia meminta masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan meski kondisi semakin membaik.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.