Cara dan Syarat Mendaftar Di BUMN

Lintas7news.com – Kementerian BUMN membuka lowongan kerja bersama di lebih dari 50 perusahaan plat merah dengan 2.700 posisi. Link pendaftaran lowongan kerja tersebut dapat diakses melalui rekrutmen bersama.fhcibumn.id/job.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa rekrutmen bersama dilakukan guna menyaring putra putri terbaik bangsa dalam segala bidang.

“Transformasi BUMN tentu tidak akan berhasil tanpa transformasi human capital. Itu lah yang penting untuk kami memastikan keberpihakan kami kepada talenta terbaik untuk bergabung di BUMN,” ungkap Erick dalam peluncuran Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa (12/4).

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Berikut Syarat Pendaftarannya:

Untuk bisa bekerja di perusahaan milik negara tersebut, terdapat beberapa persyaratan yang perlu calon peserta penuhi. Pertama, calon peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Kedua, calon peserta memiliki usia maksimal 27 tahun untuk lulusan Diploma I, II, dan III. Kemudian, maksimal usia 30 tahun untuk lulusan Diploma IV dan Sarjana atau S1 dan maksimal usia 35 tahun untuk lulusan Magister atau S2.

Ketiga, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 dari perguruan tinggi. Keempat, bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia. Kelima, sehat jasmani, rohani dan bebas dari narkoba.

Keenam, memiliki dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Ketujuh, Memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.

Terakhir, memiliki rekomendasi komunitas untuk pelamar yang berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, dan start up apabila ada.

Cara Mendaftar

Setelah memenuhi syarat yang telah ditetapkan Kementerian BUMN, Anda perlu mengetahui cara mendaftar lowongan pekerjaan di perusahaan pelat merah tersebut. Berikut ulasannya.

1. Pelamar membuka situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Perlu diketahui, tidak ada laman website lain yang bisa digunakan untuk mengikuti program ini.

2. Lakukan registrasi melalui fitur yang terletak di pojok kanan halaman depan.

3. Aktivasi akun untuk pendaftaran melalui informasi yang dikirimkan panitia melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya.

4. Lengkapi curriculum vitae (CV) pada menu Daftar Riwayat Hidup. Kemudian, pastikan semua dokumen telah siap seperti foto profil, KTP, ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), transkrip nilai, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dokumen lainnya, hingga surat rekomendasi apabila ada.

5. Pilih posisi yang diminati. Pelamar hanya boleh melamar maksimal di tiga posisi di BUMN yang berbeda.

6. Jika proses selesai, pelamar tinggal memantau proses lamaran, jadwal, dan pengumuman di halaman Lamaran Saya atau email yang telah didaftarkan.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.