Untuk Hadapi Rusia, AS Kirim Bantuan Militer ke Ukraina US$800 Juta

Lintas7news.com – Presiden AS Joe Biden mengirimkan bantuan paket militer dan keamanan senilai US$800 juta untuk Ukraina dalam menghadapi serangan Rusia.

Bantuan itu terungkap usai Biden melakukan komunikasi melalui melalui telepon dengan Presiden Ukraina, Volodomyr Zelensky, Rabu (14/4).

Biden mengatakan kepada mitranya bahwa pihaknya akan memberikan tambahan senjata, amunisi, dan bantuan keamanan lainnya senilai $800 juta.

“Militer Ukraina telah menggunakan senjata yang kami sediakan untuk efek yang menghancurkan. Saat Rusia bersiap untuk mengintensifkan serangannya di wilayah Donbas, Amerika Serikat akan terus memberi Ukraina kemampuan untuk mempertahankan diri,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Paket itu akan mencakup jenis senjata baru dan jenis peralatan yang telah disediakan AS ke Ukraina selama berminggu-minggu.

“Peralatan baru itu termasuk sistem artileri, peluru artileri, dan pengangkut personel lapis baja,” bunyi pernyataan dari Biden.

“Saya juga telah menyetujui transfer helikopter tambahan,” tulisnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Pengiriman $800 juta itu menambah lebih dari $3 miliar jumlah total bantuan militer yang telah diberikan AS ke Ukraina.

“Pasokan senjata yang stabil yang telah diberikan Amerika Serikat dan Sekutu serta mitranya ke Ukraina sangat penting dalam mempertahankan perjuangannya melawan invasi Rusia. Ini telah membantu memastikan bahwa Putin gagal dalam perang awalnya yang bertujuan untuk menaklukkan dan mengendalikan Ukraina. Kita tidak bisa istirahat sekarang,” tulis Biden dalam sebuah pernyataan.

Presiden AS mengatakan dia meyakinkan Zelensky bahwa rakyat Amerika akan terus berdiri bersama orang-orang Ukraina yang berani dalam perjuangan mereka untuk kebebasan.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.