Massa Mahasiswa Terobos Blokade Polisi di Patung Kuda

Lintas7news.com – Massa mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi menerobos blokade anggota kepolisian di sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/4).

Mendapat adangan aparat tersebut, massa mahasiswa sempat bernegosiasi agar dibukakan akses untuk menggelar aksi di Taman Aspirasi yang berada di seberang komplek Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara.

Namun, tidak berapa lama, masa aksi menerobos blokade. Sempat terjadi dorong-dorongan antara mahasiswa dengan aparat kepolisian.

Setelah berhasil merangsek masuk ke Jalan Medan Merdeka Barat, massa aksi dihadapkan dengan kawat berduri yang sudah disiagakan polisi di bawah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada tak jauh dari titik Patung Arjuna Wiwaha (Patung Kuda), Jalan Medan Merdeka Barat.

Sejauh ini massa berkumpul di bawah JPO tersebut.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Dalam aksi hari ini, setidaknya ada tujuh tuntutan yang mereka sampaikan dalam aksi ini. Yang pertama, yakni menuntut pemerintah untuk menindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Kedua, menuntut pemerintah untuk segera menurunkan harga kebutuhan pokok dan mengatasi ketimpangan ekonomi. Ketiga, menuntut pemerintah untuk menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif.

Keempat, menuntut pemerintah untuk mewujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis. Kelima, menuntut pemerintah untuk mengesahkan RUU pro rakyat, tolak RUU pro oligarki.

Keenam, menuntut pemerintah untuk menuntaskan seluruh pelanggaran HAM. Lalu ketujuh, mewujudkan reforma agraria.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.