Wapres Ma’ruf Amin Lepas Kloter Pertama Jemaah Haji Jawa Timur

Lintas7news.com – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin melepas keberangkatan 449 jemaah haji kloter pertama asal Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Sabtu (4/6) pagi.

Pemberangkatan jemaah haji ini merupakan yang pertama setelah dua tahun terhenti karena pandemi Covid-19.

“Hari ini kami memberangkatkan 449 jemaah dari Jawa Timur. Mereka berasal dari Tuban dan Bojonegoro menuju tanah suci,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf mengatakan, pemberangkatan ibadah haji ini harus disyukuri karena menjadi penanda bahwa pandemi telah berangsur pulih. Dalam acara tersebut, Ma’ruf didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama.

“Ini menjadi yang pertama kali selama 2 tahun tidak ada pemberangkatan karena Covid-19. Alhamdulillah Karena Covid-19 sudah landai kami bisa memberangkatkan haji,” kata Ma’ruf.

“Mudah-mudahan tahun depan kita sudah bisa normal. Karena itu, haji tahun ini semacam ukuran atau penilaian apabila berjalan baik insyaallah tahun depan normal kembali,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf meminta agar jemaah menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah. Sebab, kata dia, wabah Covid-19 belum sepenuhnya hilang.

“Harus bisa menjaga kesehatan karena cuaca di sana panas, sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik. Dengan demikian, jemaah haji bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur,” pesannya.

Pelayanan dan fasilitas untuk jemaah haji, telah dipersiapkan dengan baik. Termasuk juga tim medis. Ia menyebut itu komitmen pemerintah untuk jamaah haji.

Pemerintah, kata dia telah memperkuat tim kesehatan, persediaan obat-obatan serta pelayanan rumah sakit darurat di Mekkah, Madinah dan bandara. Hal itu juga bagian upaya menurunkan angka kematian jemaah.

“Semua jemaah dipantau dan dari tahun ke tahun menurun serta terus kita evaluasi apa yang kurang,” ucapnya.

Sementara itu Khofifah merinci, 449 jemaah haji kloter pertama itu berasal dari Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Rinciannya, 197 merupakan jamaah pria dan 246 jamaah perempuan.

Selama menunaikan ibadah haji mereka didampingi 4 orang, yakni 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing, 1 dokter dan 1 perawat.

“Semoga selama menunaikan ibadah haji, panjenengan semua selalu dalam keadaan sehat, kuat, tidak kurang satu apapun hingga kembali ke tanah air dan menjadi haji mabrur,” kata Khofifah.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Total jemaah haji yang berangkat melalui embarkasi Juanda pada tahun ini sebanyak 16.967 orang. Terdiri dari jemaah haji asal Jawa Timur sebanyak 16.087. Selebihnya jemaah haji asal Bali, NTT dan Palembang.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.