Polisi Telusuri Duit Korupsi Rusun Cengkareng Era Ahok

Lintas7news.com – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menelusuri dugaan upaya transfer atau pemberian uang ke luar negeri dari hasil korupsi pengadaan lahan untuk rumah susun di Cengkareng, Jakarta Barat era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Transfer itu diduga sebagai modus pencucian uang yang dilakukan tersangka swasta bernama Rudy Hartono Iskandar (RHI). Polisi pun menggandeng Biro Investigasi Federal (FBI) untuk melacak transaksi itu.

“Dari sini kami akan dalami. Di mana kami juga sudah bekerja sama dengan otoritas luar negeri FBI untuk terkait masalah yang transfer ke luar negeri,” kata Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri Brigjen Cahyono Wibowo kepada wartawan, Kamis (9/6).

Cahyono menyebutkan transfer uang itu diduga dilakukan oleh RHI ke beberapa negara. Namun, dia belum dapat merincikan lebih lanjut mengenai nama-nama negara yang turut menyimpan aset tersangka korupsi itu.

Ia mengatakan polisi masih melakukan pengejaran dan pendalaman untuk melakukan penindakan lebih lanjut.

“Karena ini menyangkut ada beberapa negara yang tentunya sebagaimana saya sampaikan tadi,” jelasnya.

Cahyono mengatakan RHI melakukan upaya pencucian uang melalui berbagai modus. Salah satunya dengan menukarkan uang hasil korupsi menjadi mata uang asing.


Kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli aset-aset berupa properti hingga saham di Jakarta.

Adapun aset yang disita dari para tersangka ialah uang tunai sebesar Rp1,7 miliar, tanah dan bangunan di wilayah TB Simatupang Cilandak Timur seharga Rp371,4 miliar, satu tanah lain di wilayah Cilandak Barat sebesar Rp100,3 miliar. Terakhir adalah aset tanah dan bangunan di Palmerah senilai Rp2,7 miliar.

Aset itu merupakan hasil dari penyidikan dalam kasus dugaan korupsi atau tindak pidana asal.

Sementara, aset lain yang disita terkait kasus TPPU ialah tanah dan bangunan di Cilandak Barat seharga Rp166,2 miliar. Lalu satu bidang tanah dan bangunan di Kuta dan Denpasar, Bali sebesar Rp57,3 miliar.

“Mata uang asing kemudian menggunakan uang hasil tersebut untuk membeli beberapa aset yang ada di Jakarta berupa bangunan dan juga ada aset-aset lainya,” tambah Cahyono.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Dalam perkara ini polisi menduga kerugian keuangan negara yang timbul mencapai Rp649 miliar. Namun aset yang disita dari tersangka untuk pengembalian kerugian keuangan negara telah mencapai Rp700 miliar.

Para tersangka yang telah dijerat adalah mantan Kepala Bidang pembangunan Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sukmana beserta pihak swasta bernama Rudy Hartono Iskandar. Polisi pun telah menjerat para kedua tersangka dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Ahok yang merupakan Gubernur DKI Jakarta saat itu menilai pembelian lahan oleh Dinas Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senilai Rp668 miliar tersebut janggal.

Tanah lahan seluas 4,6 hektar itu dibeli dari pemilik sertifikat bernama Toeti Noezlar Soekarno. Untuk memperlancar proses pembelian, Toeti melalui kuasa hukumnya diduga memberikan uang sebesar Rp9,6 miliar kepada salah seorang kepala bagian di Dinas Perumahan.

Uang itu sempat ditawarkan kepada Ahok, namun dia menolak dan justru meminta agar transaksi tersebut dilaporkan ke KPK.

(CNNIndonesia/NB)A


Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.