Bank Mandiri Investasi Rp2 M Bangun Penyaringan Air Laut di NTT

Lintas7news.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk atau Bank Mandiri berinvestasi sebesar Rp2 miliar untuk pembangunan sentra desalinasi air laut untuk menjadi air tawar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Desalinasi atau pengawagaraman merupakan proses yang menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi.

Kepala Cabang Bank Mandiri Labuan Bajo I Made Runarta mengatakan dana tersebut digunakan untuk membangun empat sentra desalinasi.

“Kalau saya dapat info investasi di empat tempat kurang lebih Rp2 miliar,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (16/6).

Adapun empat sentra desalinasi air laut itu, yakni di tempat pelelangan ikan (TPI) Labuan Bajo, Macang Tanggar, Warloka, dan Warloka Pesisir. Kusus untuk di TPI Labuan Bajo ia menargetkan setra penyaringan air laut itu bisa rampung dalam satu hingga dua bulan ke depan.

Sementara di tiga tempat lainnya saat ini progresnya sudah 60 persen. Selain itu, di tiga tempat tersebut tidak semua desalinasi dari air laut, tapi ada yang dari air sumur.

“Harapan kami ini dapat memudahkan masyarakat khususnya di dekat daerah sini untuk mengakses air bersih,” imbuh Runarta.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Lebih lanjut, ia menuturkan untuk pengadaan alat desalinasi pihaknya bekerja sama dengan PT. Indra Karya (Persero). Nantinya, sentra desalinasi air itu bisa mengolah 14 ton air laut per hari.

Masyarakat bisa mengambil hasil desalinasi berupa air tawar yang bisa digunakan untuk mencuci, mandi, dan konsumsi sebanyak 10 liter. Masyarakat bisa membayar menggunakan e-money alias uang elektronik.

Meski demikian Runarta belum bisa menyebut berapa biaya yang harus dibayar tersebut. “Kalau harga pasti blm kami tentukan tapi untuk sekali taping (pembayaran) itu 10 liter,” kata dia.

Namun, ia menekankan nantinya biaya yang harus dibayarkan itu tidak akan mahal. Sebab, ia ingin fasilitas itu dapat dinikmati semua kalangan.

“Jangan sampai fasilitas yang kami berikan malah lebih mahal,” tandasnya.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.