Jokowi dan Megawati Pegang Nama Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

Lintas7news.com – Presiden Joko Widodo hingga kini belum menunjuk pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) usai ditinggal Tjahjo Kumolo yang mangkat pada Jumat (1/7) lalu.
Jokowi sempat menunjuk Menko Polhukam Mahfud MD sebagai menteri ad interim saat Tjahjo masih menjalani perawatan. Kini, Jokowi kembali menunjuk menteri sementara setelah kursi MenPAN-RB resmi ditinggal Tjahjo.

Pada Senin (4/7) kemarin atau lima hari pasca wafatnya Tjahjo, Jokowi menunjuk Menteri dalam Negeri, Tito Karnavian sebagai MenPAN-RB ad interim.

Berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang diteken Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Tito akan memimpin kementerian yang mengatur abdi negara itu hingga 15 Juli mendatang.

Jokowi hingga kini belum memberi sinyal sosok pengganti Tjahjo. Belum diketahui pula apakah kursi MenPAN-RB akan kembali dipimpin kader dari Partai Banteng.

Namun, internal PDIP selaku partai naungan mendiang Tjahjo mengaku telah menyiapkan sejumlah nama untuk mengganti salah satu kader terbaiknya itu.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan menyodorkan nama MenPAN-RB pengganti mendiang Tjahjo ke Jokowi setelah masa berkabung.

Paling tidak, katanya, internal partai akan menunggu paling tidak hingga sepekan. Masinton pun menyebut sejumlah nama potensial yang akan mengisi posisi Tjahjo. Beberapa di antaranya seperti Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto, hingga Ketua fraksi PDIP di DPR Utut Adianto.

Namun begitu, dia menyebutkan kewenangan menunjuk menteri sepenuhnya berada di tangan presiden.

“Mungkin selesai masa berkabung baru ada pembicaraan, kan tidak elok juga kalau keluarga masih berduka berkabung terus kita bicara jabatan itu kan nggak pas,” ucap Masinton kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7).

Tjahjo Kumolo diketahui wafat di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat pada Jumat 1 Juli 2022. Ia sempat menjalani perawatan selama dua minggu. Mantan Sekjen PDIP itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan di hari yang sama.

(CNNIndonesia/NB)


Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.