Sejarah Hari AIDS Sedunia Tanggal 1 Desember

(Sumber: Instagram @ellova.sumatera)

LINTAS7NEWS – 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS sedunia. Setiap tahun kita akan memperingatinya dengan tujuan untuk mengajak masyarakat memberikan dukungan terhadap orang pengidap AIDS.

AIDS pernah menjadi salah satu epidemi yang paling merusak. Menurut data usembassy, AIDS telah membunuh lebih dari 25 juta orang dengan perkiraan 38,6 juta orang yang hidup dengan HIV.

Terlepas bertujuan sebagai dukungan bagi pengidap AIDS, peringatan ini juga menjadi tujuan dari kampanyenya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahayanya infeksi HIV.

Berikut sejarah Hari AIDS yang telah kami rangkum:

Sejarah Hari AIDS Sedunia Bermula dari Tahun 1988

Hari AIDS sedunia berawal dari tujuan sebagai wadah untuk memberikan kesempatan dalam memerangi penyakit HIV. Dari sini orang yang terinfeksi HIV akan merasa berani melawan penyakit yang mematikan ini.

Tahun 1988 menjadi awal mula sejarah Hari AIDS sedunia. Konsep Hari AIDS sedunia berasal dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Menteri Kesehatan sedunia tahun 1988, yang saat itu tengah menjalankan program pencegahan AIDS bagi masyarakat dunia.

Dari pertemuan tersebut, organisasi internasional di seluruh dunia sepakat memperingati Hari AIDS setiap tanggal 1 Desember. Diangkatnya sejarah Hari AIDS sedunia karena Menteri Kesehatan menganggap momentum ini penting dan wajar guna menghormati orang yang telah meninggal karena HIV/AIDS.

Sejarah Hari AIDS sedunia juga tak lepas dari pejabat pemerintah maupun menteri kesehatan yang seringkali memberi pidato pada forum yang mengangkat topik AIDS. Di tahun 1995, Presiden Amerika Serikat mulai meresmikan Hari AIDS sedunia.

Kemudian, di tahun 2005, United Nations Programme on HIV/AIDS (UNAIDS) menjadi pelopor kampanye Hari AIDS sedunia. Organisasi ini bertugas untuk memilih tema tahunan yang bakal diusung. Mereka pun terlebih dulu berkonsultasi dengan organisasi kesehatan global lainnya. Namun, tahun 2005 tugas ini diserahkan kepada World AIDS Campaign (WAC).

Demikian sejarah singkat lahirnya Hari AIDS. Peringatan Hari AIDS sedunia mengingatkan bahwa kita harus memperlakukan orang yang terinfeksi positif HIV/AIDS dengan rasa hormat dan kesetaraan.**

(RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.