5 Cara Percepat PC Tanpa Upgrade Hardware

LINTAS7NEWS – Pc kalian lemot? sering macet macet?  pengen upgrade tapi duit menipis? tenang aja, berikut adalah 5 tips agar pc kalian tidak terlalu lemot tanpa harus upgrade hardware.

  1. Bersihkan kotoran pada cpu

 Menumpuknya debu pada cpu mempengaruhi kinerja computer kalian. Cara yang optimal adalah dengan membongkar cpu kalian lalu menyemprotnya dengan kompresor, tapi ingat! jangan gunakan tekanan angin yang terlalu besar atau jika tidak ada kompresor bongkar komponen dan lap dengan tisu sampai bersih.

  • Uninstall program yang tidak perlu/penting

 Klik search bar di samping tombol start lalu cari pengaturan add or remove program

Lalu klik opsi tersebut (kotak merah pada gambar)

Setelah pengaturan seperti gambar diatas muncul, cari applikasi yang terinstall di computer anda yang tidak penting/perlu anda gunakan.

  • Hapus file temporary

 File temporary adalah file yang dibuat untuk menyimpan data temporer yang diperlukan oleh aplikasi pada pc kalian, lalu apakah file ini aman untuk dihapus? tentu saja aman karena file ini sifatnya temporer dan computer kalian akan otomatis membuat file ini lagi untuk proses aplikasi kalian. Berikut adalah cara untuk mencari file temporary pada pc kalian.

Tekan tombol ctrl+r lalu ketik %temp%  lalu tekan enter

 Pastikan langkah yang anda lakukan sama seprti gambar diatas

Perhatikan path (kotak merah) pada gambar diatas pastikan file yang anda buka seperti gambar diatas (namauser)/AppData/Local/Temp

Lalu hapus semua file yang ada dalam file Temp dengan menekan shift+del.

Jika muncul notifikasi seperti gambar diatas klik skip.

  • Install ulang

 Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mempercepat kinerja pc anda sama halnya dengan merefresh pc anda kembali seperti pertama kali anda membelinya

  • Overclock

 JIka cara sebelumnya sudah tidak mempan, anda bisa melakukan overclock untuk kompueter anda unutk meningkatkan peforma computer anda. Tapi selalu berhati hati karena hardware anda bisa rusak jika anda memaksa hardware anda terlalu keras.

Itulah beberapa tips untuk mempercepat peforma pc anda, jika cara-cara diatas sudah kalian lakukan tetapi peforma pc anda tidak ada peningkatan mungkin memang sudah saatnya untuk nabung buat upgrade pc anda ke versi yang lebih baru, karena layaknya makhluk hidup semakin tua pc kalian semakin menurun peformanya.

(ZA)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.