Hindari Larangan Ini Saat Hari Raya Imlek, Agar Tidak Sial

Hari raya Imlek atau juga dikenal dengan tahun baru China kali ini diperingati pada, Minggu 22 Januari 2023 (Foto: Freepik)

LINTAS7NEWS – Hari raya Imlek atau juga dikenal dengan tahun baru China kali ini diperingati pada, Minggu 22 Januari 2023.

Perayaan hari raya Imlek menjadi momen suka cita bagi umat Konghucu yang merayakannya.

Namun ternyata ada beberapa larangan atau pantangan yang harus kamu hindari saat hari raya Imlek.

Baca Juga: Perbedaan Agama, Sebab Gagalnya Pertunangan Azriel dan Sarah?

Apibila larangan atau pantangan tersebut dilanggar, maka akan membawa sial atau musibah pada orang yang melanggarnya

Berikut ini beberapa larangan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan saat hari raya Imlek.

1. Melakukan pekerjaan rumah.

Melakukan pekerjaan rumah seperti mencucui, dan bersih-bersih rumah merupakan rutinitas yang wajib, namun saat Imlek kegiatan tersebut justru dilarang.

Baca Juga: Catat! Deretan Hari Libur dan Cuti Bersama di Tahun 2023 Ini, Jadwalkan Liburanmu

Masyarakat Tionghoa percaya melakukan pekerjaan rumah dapat membawa sial sepanjang tahun.

Dibalik larangan tersebut terdapat maksud dubaliknya, dimana masyarakat Tionghoa selalu bekerja keras setiap hari di sepanjang tahun, maka ketika Imlek tiba mereka mengambil hari untuk libur dan tidak melakukan pekerjaan rumah.

Bahkan disebutkan terkait bahwa menyapu kotoran dan debu dari rumah dan membuang sampah diyakini akan menyapu dan membuang rezeki.

Ada juga yang menyebutkan mencuci pakaian pada dua hari pertama Tahun Baru Imlek juga dianggap sebagai pelanggaran bagi Dewa Air karena itu adalah hari ulang tahun dewa.

Baca Juga: Kapan Imlek 2023? Ini Jadwal Libur Nasional

2. Keramas dan Memotong Rambut.

Masyarakat Tionhoa mempercayai mencuci dan memotong rambut seperti mencuci dan memotong kemakmuran dan kekayaan yang dimiliki.

3. Menggunakan Peralatan Tajam.

Menggunakan peralatan tajam saat Imlek dipercaya dapat memotong keberuntungan, oleh sebab itu masyarakat Tionghoa cenderung mengindari menggunakan peralatan tajam saat Imlek.

4. Mengenakan Pakaian Hitam atau Putih.

Mengenakan paiakian hitam dan putih juga dilarang saat hari raya Imlek, hal itu karena warna hidam dan putih melambangkan peristiwa tragis seperti pemakaman.

Baca Juga: Cek Kepribadian Menurut Golongan Darah

5. Meminjamkan Uang

Masyarakat Tionghoa percaya bahwa meminjamkan uang dapat mengakibatkan orang tersebut meminjam banyak uang atau berhutang sepanjang tahun.

6. Menangis

Menangis di hari raya Imlek diyakini juga dapat membawa kesialan, bahkan tangisan dapat diyakini sebagai firasat buruk yang akan terjadi.

7. Memecahkan Barang-Barang di Rumah Anda.

memecahkan barang di rumah baik sengaja maupun tidak sengaja dipercayai sebagai tanda akan terjadinya hal buruk yang menimpa orang terkasih.

8. Jangan Mengatakan Kata-Kata Buruk dan Mengutuk.

Berkata kasar, mengumpat , dan mengutuk sangat dilarang diucapkan saat hari raya Imlek. Perkataan tersebut dipercaya dapat membawa nasib buruk bagi yang mengucapkan.

Baca Juga: Aroma Parfum Dan Arti Kepribadiannya

9. Pergi ke kamar tidur orang lain.

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan pada Tahun Baru Imlek adalah membangunkan seseorang dan menyapa mereka di kamar tidur. Menurut kepercayaan, orang yang bangun harus bekerja hingga kelelahan sepanjang tahun.

10. Makan Bubur Untuk Sarapan.

Karena mereka yang kurang beruntung di China hanya mampu membeli bubur di masa lalu. Maka dari itu, bubur adalah makanan yang tidak pantas disajikan sebagai makanan pertama tahun ini.

Itulah beberapa larangan atau pantangan yang harus kamu hindari agar tidak terkena sial saat hari raya Imlek.**
(AP)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.