Fakta Unik Siu Mie, Hidangan Mie Panjang yang Hadir di Perayaan Tahun Baru Imlek

Kebudayaan China saat tahun baru Imlek wajib menyantap siu mie, karena memiliki makna positif. Dan ini 5 fakta-fakta menarik makanan siu mie atau mie panjang. (Foto: Ist)

LINTAS7NEWS – Menghitung hari, menuju perayaan Tahun Baru Imlek 2023. Dimana perayaan ini, diperingati pada 22 Januari 2023.

Sejumlah persiapan dan hidangan pun, tentu disiapkan oleh umat yang merayakan.

Dimana ada salah satu hidangan yang tak boleh ketinggalan saat perayaan Tahun Baru Imlek, apa lagi kalau bukan mie panjang atau kerap disebut Siu Mie.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Edisi Imlek 2023, Koin Feng Shui Akan Lihat Nasib Keuanganmu

Di balik hidangan ini, memiliki makna dan filosofi penuh makna bagi umat manusia dan sekitar.

Seperti informasi yang diperoleh tim dari berbagai sumber, menurut kebudayaan China saat tahun baru Imlek wajib menyantap siu mie, karena memiliki makna positif. Dan ini 5 fakta-fakta menarik makanan siu mie atau mie panjang:

Baca Juga: Inilah Fakta Unik Barongsai di Perayaan Imlek: Ternyata Sudah Ada Ribuan Tahun Lalu

1. Siu mie atau mie goreng panjang

Siu mie atau mie goreng panjang adalah makanan yang disajikan dengan tambahan pelengkap lainnya, seperti kol, sawi, udang, bakso, ayam dan lain sebagainya.

Biasanya orang Tionghoa konsumsi siu mie tanpa dipotong, karena mie tersebut dilambangkan dengan umur panjang dan sebagian orang Tionghoa menyebutnya dengan nama ‘Changsshou Mian’.

Selain itu, makanan tersebut dimaknakan sebagai kebahagiaan dan dilimpahkan rezeki bagi orang yang konsumsinya.

Baca Juga: Kapan Imlek 2023? Ini Jadwal Libur Nasional

2. Filosofi siu mie

Sejarah dari siu mie dijadikan sebagai salah satu makanan wajib saat perayaan Imlek adalah memiliki filosofi simbol panjang umur dan bentuk mie yang panjang diibaratkan sebagai umur, Serta siu mie juga diyakini dapat memberikan rezeki yang lebih berlimpah dari tahun sebelumnya.

3. Cara mengolahnya

Cara mengolah siu mie sangat mudah dan caranya pun hampir sama seperti memasak mie goreng, tetapi yang membedakan yaitu harus berhati-hati saat memasak siu mie dan tidak boleh terlalu sering diaduk, agar mie tidak hancur dan mudah terputus.

Baca Juga: Wabup Blitar Tandatangani Pakta Integritas, Komitmen Bangun Infrastuktur Blitar Selatan

Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa memasak siu mie lebih disarankan memiliki tekstur yang tebal agar tidak mudah hancur ataupun putus.

4. Cara memakan siu mie

Selain itu, kalau cari cara makan siu mie yang dimana tidak diperbolehkan digigit dan bila terputus, berarti memiliki makna yang kurang baik.

Namun, perlu diketahui mie yang boleh digigita dan dikunyah semua bagiannya sudah ada didalam mulut.

Baca Juga: Ancam Bakal Pisahkan Diri, Warga Blitar Selatan Geruduk Kantor Pemkab

5. Tradisi menyantap

Tradisi menyantap makanan siu mie saat perayaan Imlek, yakni sudah tradisi lama dari rakyat Tionghoa sehingga dimana masyarakatnya sudah menunggu lama dalam setahun.

Selain itu, saat konsumsi siu mie dapat dimotivasi agar manusia senantiasa mempunyai harapan maupun menjauhkan diri dari sifat-sifat negatif yang sebenarnya tidak ada waktu khusus dalam menyantapnya.**

(AP)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.