Tegang! Tank Israel Parkir Depan RS Terbesar Gaza

Ilustrasi Tank militer Israel berada di jantung Gaza City (dok. REUTERS)

Ilustrasi Tank militer Israel berada di jantung Gaza City (dok. REUTERS)

LINTAS7NEWS – Pasukan Israel telah tiba di kompleks rumah sakit (RS) terbesar di Jalur Gaza, Palestina. Tank militer ditempatkan di depan gerbang RS tersebut. Situasi ini terjadi saat tenaga medis berjuang menyelamatkan pasien, termasuk bayi-bayi yang baru lahir, dengan fasilitas medis yang tidak memadai.

Seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (14/11/2023), Rumah Sakit (RS) Al-Shifa yang terletak di Kota Gaza menjadi target utama dalam pertempuran antara militer Israel dan kelompok Hamas.

RS Al-Shifa terpaksa menghentikan operasional pada akhir pekan, akibat kehabisan bahan bakar yang diperlukan untuk menjaga generator tetap berfungsi. Sedikitnya 650 pasien masih berada di dalam rumah sakit tersebut.

Israel bersikeras menyebut RS Al-Shifa berada di atas terowongan bawah tanah yang menjadi markas komando Hamas, yang dituduh menjadikan pasien sebagai tameng manusia. Hamas telah membantah keras tuduhan Israel tersebut.

“Tank-tank berada di depan rumah sakit. Kami berada di bawah blokade penuh. Ini adalah wilayah yang sepenuhnya sipil. Hanya fasilitas rumah sakit, pasien-pasien rumah sakit, dokter dan warga sipil lainnya yang tinggal di rumah sakit. Seseorang harus menghentikan hal ini,” ucap seorang dokter bedah di RS Al-Shifa, Dr Ahmed El Mokhallalati, saat berbicara via telepon.

“Mereka mengebom tangki (air), mereka mengebom sumur-sumur air, dan juga mengebom pompa oksigen. Mereka mengebom semua yang ada di rumah sakit. Jadi kami kesulitan untuk bertahan hidup. Kami memberitahu semua orang, rumah sakit bukan lagi tempat yang aman untuk merawat pasien. Kami membahayakan para pasien dengan membiarkan mereka tetap ada di sini,” tuturnya.

Belum ada tanggapan resmi dari militer Israel soal laporan tersebut.**

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.