Inilah Penutup Debat Capres Pertama 2024

Debat Capres Pertma 2024, ini 3 calon pemimpin negara (Foto: YouTube)

Debat Capres Pertma 2024, ini 3 calon pemimpin negara (Foto: YouTube)

Debat pertama capres tiga pasangan yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo telah berakhir di kantor KPU pada Selasa (12/12) malam WIB. Debat perdana yang terbagi dalam enam segmen ini berakhir setelah berlangsung sekitar 150 menit.

Debat kedua untuk tiga calon wakil presiden akan berlangsung pada 22 Desember mendatang. Tema debat kedua ini yakni ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Pernyataan Penutup Ganjar, Penting Pemimpin Berikan Teladan

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meyakini kehadirannya bersama calon wapres Mahfud MD merupakan panggilan sejarah. Ini karena dirinya hanya seorang anak polisi dengan pangkat tidak tinggi dan Mahfud MD yang bapaknya seorang pegawai kecamatan yang disebutnya dengan orang kecil.

Ganjar juga menekankan pentingnya pemerintah benar-benar melayani dengan memberikan teladan dari pemimpin tertinggi yang anti korupsi, yang menunjukkan integritas, yang menunjukkan layanan pemerintah yang mudah, mudah, cepat, sat-set sesuai slogan keduanya.

“Kalau itu bisa kita lakukan, maka betapa bahagianya rakyat ini. Pemerintah ini ada, yang ketika dikritik tidak ada baperan, yang ketika media menulis, mereka merasa ini vitamin buat dirinya. Bukan sedang merongrong, apalagi kemudian merasa terancam. Maka kalau kemudian demokratisasi ini bisa kita laksanakan dengan baik sesuai dengan amanah reformasi,” ucapnya.

Pernyataan Pemungkas Prabowo, Hilangkan Kemiskinan dan Korupsi

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memberi pernyataan penutup dalam debat pertama Pilpres 2024 yang digelar di Kantor KPU RI, Selasa (12/12).

Dalam pernyataan itu, ia membahas perjuangan panjang Indonesia menjadi negara maju. Prabowo juga berjanji siap melanjutkan pembangunan yang sudah dilakukan bersama dengan pasangannya, Gibran Rakabuming Raka.

Kita bersyukur, kita sudah bangun satu negara yang memiliki demokrasi dengan segala kekurangannya. Kita bersyukur semua pemimpin telah membantu menambahkan kemajuan kita. Kita ingin lebih maju, kita ingin lebih baik, kita ingin lebih adil. Kita ingin hilangkan kemiskinan dan kita ingin hilangkan korupsi. Kita negara yang sangat kaya, kekayaan kita luar biasa,” katanya.

Kami Prabowo Gibran, Koalisi Indonesia Maju, siap melanjutkan fondasi yang sudah dibangun oleh pendahulu kita. Kita yakin Indonesia akan melompat menjadi negara hebat, negara maju, negara makmur, negara adil. Tetapi syaratnya kita harus rukun, kita harus bersatu, kita tidak boleh menghasut memecah belah.”

Pernyataan Penutup Anies: Wakanda No More, Indonesia Forever

Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memberikan pernyataan penutup dalam debat pertama capres di Kantor KPU, Selasa (12/12). Dalam pernyataannya, Anies mengingatkan pentingnya pemberantasan korupsi diberantas hingga tuntas.

Harapannya juga pemerintah bisa memberikan pelayanan terbaik untuk warga dan bisa menjunjung etika. Ia juga menyampaikan keinginannya agar etika bisa dijunjung tinggi dan jangan sampai berlindung di balik keputusan hukum.

Menurutnya pemimpin harus bisa memberikan contoh. Jika itu tidak dilakukan maka seluruh rakyat akan berkompromi, begitu juga praktek orang dalam yang akan merusak sendi-sendi kehidupan bernegara.

“Penting menjunjung etika dimulai dari capres apakah dia kompromi tidak pada etika. Anak muda kita seeua sadari ini pemilu tentang masa depan, saya yakin anda akan pilih yang serius jadi presiden bukan yang main-main,” ucapnya.

“Bicara masa depan kita jamin, kebebasan pendapat dijamin, kita tidak mengizinkan lagi di mana situasi orang takut. Saya sampaikan wakanda no more, indonesia forever,” ucapnya.”**

(OAS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.