Bahasa Inggris berasal dari Inggris Raya terbentuk dari campuran bahasa lokal Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon antara abad ke-6 dan ke-10.

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Internasional

LINTAS7NEWS – Bahasa Inggris berasal dari Inggris Raya dan terbentuk dari campuran bahasa-bahasa lokal yang digunakan oleh masyarakat Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon antara abad ke-6 dan ke-10. Setelah William the Conqueror menaklukkan Inggris pada tahun 1066, pengaruh bahasa Inggris terhadap bahasa Latin dan Perancis menjadi sangat kuat. Sekitar 50% dari kosakata dalam bahasa Inggris modern diperkirakan berasal dari bahasa Perancis dan Latin.

Saat ini, bahasa Inggris telah menjadi bahasa utama untuk berkomunikasi di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan banyak lagi.

Sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di berbagai negara di seluruh dunia, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa resmi dalam lingkup internasional. Bahasa lain yang hampir sepopuler bahasa Inggris adalah bahasa Mandarin.

Bahasa Inggris termasuk dalam cabang bahasa Anglo-Frisian dari kelompok bahasa Jermanik Barat, dan merupakan subfamili dari rumpun bahasa Indo-Eropa.

Bahasa Inggris berada dalam kedekatan dengan bahasa Frisia, sedikit lebih mirip daripada bahasa Belanda-Flemish (Netherlandic) dan dialek Jerman rendah (Plattdeutsch), namun jauh berbeda dari bahasa Jerman Modern tingkat tinggi.

Baca juga : 18 Ucapan Tahun Baru Imlek Bahasa Mandarin dan Inggris, Bisa Kamu Kirimkan ke Orang Terdekat

Sejarah dan Perkembangan
Perkembangan bahasa Inggris dibagi menjadi tiga masa, yaitu:

  • Bahasa Inggris Kuno atau bahasa Anglo-Saxon, 700 – 1066
  • Bahasa Inggris Tengahan, antara 1066 – 1500
  • Bahasa Inggris Baru, mulai dari abad ke 16

Tiga periode utama dalam sejarah perkembangan bahasa Inggris umumnya dikenali sebagai berikut:

  • Bahasa Inggris Tua (Old English): Dikenal juga sebagai Anglo-Saxon, periode ini diperkirakan dimulai sekitar tahun 449 Masehi dan berlangsung hingga sekitar tahun 1066 atau 1100 Masehi.
  • Bahasa Inggris Pertengahan (Middle English): Periode ini dimulai sekitar tahun 1066 atau 1100 Masehi dan berlangsung hingga sekitar tahun 1450 atau 1500 Masehi.
  • Bahasa Inggris Modern (Modern English) dimulai sekitar tahun 1450 atau 1500 Masehi dan dapat dibagi menjadi dua subperiode, Bahasa Inggris Modern Awal (Early Modern English) Berlangsung sekitar tahun 1500 hingga 1660 dan Bahasa Inggris Akhir (Late Modern English) Dimulai sekitar tahun 1660 dan berlanjut hingga saat ini.

Bahasa Masa Depan

Saat ini, penggunaan bahasa Inggris tidak hanya sebagai bahasa komunikasi internasional antar negara, tetapi juga telah merambah ke berbagai bidang lain, termasuk media massa. Di era modern ini, banyak media massa yang menggunakan bahasa Inggris untuk menyebarkan berita dan informasi menarik lainnya. Sebagai sebuah bangsa yang ingin maju, penting bagi kita untuk memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini akan memudahkan kita untuk memahami apa yang ingin disampaikan dunia, sehingga kita dapat berpartisipasi lebih aktif dalam percaturan global.**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.