Sukses Melamar Kerja dengan Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris dan Tips Jitu

Surat lamaran kerja bahasa Inggris merupakan salah satu syarat utama bagi pencari kerja yang ingin berkarier di perusahaan internasional.

Contoh dan Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris (Tangkapan Layar)

LINTAS7NEWS – Surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris merupakan salah satu syarat utama bagi pencari kerja yang ingin berkarier di perusahaan internasional. Biasanya, HRD akan memperhatikan surat lamaran yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang lain.

Menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris memerlukan keterampilan khusus. Selain memastikan penggunaan grammar yang tepat, pelamar juga perlu menyampaikan keterampilan yang dimiliki dengan bahasa yang profesional dan meyakinkan.

Judith Johnstone dalam bukunya The Job Application Handbook menjelaskan bahwa keberhasilan dalam melamar pekerjaan sangat bergantung pada perencanaan yang matang. Seperti halnya memulai proyek lainnya, melamar pekerjaan juga memerlukan persiapan yang baik dan terstruktur.

Ada dua hal utama yang harus disiapkan sebelum mulai menulis surat lamaran kerja: file data pribadi dan catatan terkait pekerjaan, seperti deskripsi perusahaan, informasi tentang perusahaan, serta data-data lain yang diperlukan untuk mendukung penulisan surat lamaran.

Biasanya, HRD akan tertarik pada surat lamaran yang berbobot. Apa saja yang seharusnya ada di dalamnya?

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja                               

Dikutip dari The Muse, berikut adalah beberapa tips terbaik untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris agar menarik perhatian HRD:

1. Buat surat lamaran yang unik untuk setiap posisi yang Anda lamar. Hindari copy-paste dari surat lamaran sebelumnya, ya! Setiap perusahaan layak mendapatkan pendekatan yang dipersonalisasi.

2. Untuk mempermudah penulisan, gunakan template yang sesuai dengan karakteristik perusahaan yang ingin Anda lamar. Menyesuaikan gaya surat dengan budaya perusahaan akan memberikan kesan yang lebih profesional.

3. Mulailah dengan salam.

4. Sertakan nama manajer perekrutan dalam surat lamaran Anda, baik menggunakan nama depan atau nama belakang. Jangan lupa untuk menambahkan sapaan seperti ‘Tuan’ atau ‘Nyonya’. Contoh: ‘Dear Ms. Katty William’ atau cukup ‘Dear Ms. William.’

Baca juga : 5 Cara Mudah Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu

Hindari menggunakan sapaan umum seperti ‘To Whom It May Concern’ atau ‘Dear Sir or Madam.’ Jika Anda tidak mengetahui nama manajer perekrutan, arahkan surat Anda kepada kepala departemen terkait dengan posisi yang dilamar.

Jika Anda tidak dapat menemukan nama spesifik, arahkan surat lamaran Anda kepada bidang yang relevan namun tetap spesifik, seperti ‘Systems Engineer Hiring Manager’ atau ‘Account Executive Search Committee.

5. Mulailah surat lamaran Anda dengan kalimat pembuka yang menarik perhatian manajer perekrutan. Anda tidak perlu menyebutkan nama di awal, karena perekrut biasanya akan melihat informasi tersebut di resume Anda.

Sebaiknya sebutkan posisi yang Anda lamar dalam surat lamaran. Tambahkan pula pernyataan sederhana seperti, ‘I am excited to apply for [job title] with [Company].’ Ini menunjukkan antusiasme Anda dan memperjelas posisi yang Anda lamar.

Mulailah dengan kalimat pertama yang memperkenalkan diri Anda dengan antusiasme. Tunjukkan kegembiraan Anda tentang perusahaan atau posisi yang dilamar, atau sebutkan pencapaian relevan dari masa lalu yang dapat menarik perhatian perekrut.

6. Dalam bagian isi surat, berikan detail lebih mendalam mengenai profil diri Anda. Hindari mengulang informasi dari resume secara persis. Sebaliknya, gambarkan dengan jelas pengalaman dan pencapaian Anda sebelumnya untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif kepada perekrut.

Jelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi yang dilamar. Paparkan alasan secara jelas untuk meyakinkan manajer perekrutan mengenai kecocokan Anda dengan peran tersebut.

7. Jangan fokus pada apa yang perusahaan dapat lakukan untuk Anda, ya, detikers! Sebaliknya, identifikasi masalah atau tantangan yang dihadapi perusahaan dan jelaskan bagaimana Anda dapat membantu memecahkannya dengan keahlian dan pengalaman Anda.

Tekankan keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki yang membuktikan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tunjukkan bagaimana kemampuan Anda secara spesifik dapat membantu perusahaan mengatasi tantangan yang dihadapi.

8. Soroti pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jika Anda merasa tidak yakin dengan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki, cek kembali persyaratan yang diberikan oleh perusahaan untuk memastikan kesesuaian.

Biasanya, persyaratan paling penting untuk posisi tersebut akan dicantumkan di awal deskripsi pekerjaan atau disebutkan beberapa kali. Fokuslah pada persyaratan utama ini saat menonjolkan pengalaman dan keterampilan Anda.

Trik lainnya adalah menyalin deskripsi pekerjaan ke dalam alat cloud kata seperti WordClouds. Lihat kata-kata yang paling menonjol—itu adalah aspek yang paling dicari oleh manajer perekrutan.

Baca juga : Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris, Contoh dan Tips

9. Tunjukkan keahlian yang Anda miliki secara jelas. Ini penting jika Anda memiliki potensi untuk melakukan pekerjaan tersebut tetapi belum memiliki pengalaman yang cukup. Fokuslah pada keterampilan dan kemampuan yang relevan untuk meyakinkan perekrut tentang potensi Anda.

10. Jangan terlalu fokus pada latar belakang pendidikan Anda. Kesalahan umum bagi fresh graduate adalah menekankan pendidikan mereka secara berlebihan. Pada akhirnya, manajer perekrutan lebih memperhatikan pengalaman kerja atau pengalaman magang selama kuliah yang relevan dengan posisi yang dilamar.

11. Hindari menggunakan frasa yang menunjukkan kelemahan dalam keterampilan Anda, seperti ‘Despite my limited experience as a manager…’ atau ‘While I may not have direct experience in marketing…’. Fokuslah pada kekuatan dan keahlian yang Anda bawa ke posisi tersebut.

12. Gunakan angka dan statistik dalam surat lamaran Anda. HRD menyukai data yang menunjukkan dampak terukur yang telah Anda buat di organisasi atau perusahaan sebelumnya. Ini membantu menunjukkan hasil yang konkret dari kontribusi Anda.

13. Jangan terlalu kaku dalam menulis surat lamaran. Bersikap terlalu formal bisa terlihat tidak tulus, seperti robot, dan tidak ramah. Menurut pakar karir Mark Slack, gaya yang lebih santai dan personal seringkali lebih efektif.

14. Jangan membuat surat lamaran terlalu panjang. Idealnya, surat lamaran tidak lebih dari satu halaman. Survei menunjukkan bahwa surat lamaran yang sekitar 250 kata lebih disukai oleh HRD karena lebih ringkas dan to the point.

15. Akhiri surat lamaran Anda dengan paragraf yang menegaskan ketertarikan Anda terhadap perusahaan. Gunakan kalimat yang kuat dan menarik untuk meyakinkan HRD. Misalnya, ‘I am passionate about [Company]’s mission and am eager to contribute my [tulis keterampilan luar biasa yang dimiliki di sini] to this role.’

16. Edit dan periksa kembali surat lamaran Anda, terutama untuk ejaan dan tata bahasa. Minta bantuan dari seseorang yang Anda percayai untuk meninjau surat lamaran Anda sebelum dikirim. Kesalahan kecil bisa berdampak besar pada kesan pertama.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Dikutip dari situs yang sama, berikut adalah contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris:

Contoh 1: Kategori Simpel

Dear Ms. Jessica Tilman,

In my five-year career as a paralegal, I have honed my legal research and writing skills, and the attorneys I’ve worked with have complimented me on my command of case law and litigation support. Spiegel Law Firm’s 20 years in practice proves that the firm has strong values and excellent attorneys, which is why I want to be a part of the Spiegel Law Firm team.

I currently serve as a paralegal for Chandler LLC, where I work closely with the partners on a number of high-priority cases. During my time here, I implemented a new calendar system that ensures timely filing of court papers. This system has prevented missed deadlines and allowed for better organization of internal and client meetings.

Previously, as a paralegal for the Neuerburg Law Firm, I received praise for my overall support of the legal team and my positive attitude.

My further qualifications include a bachelor’s degree from Rutgers University, a paralegal certificate, and training in LexisNexis, Westlaw, and Microsoft Office Suite.

I would love the opportunity to discuss how I can contribute to your legal team. Thank you in advance for your consideration, and I look forward to hearing from you.

Sincerely,
Chase Broadstein
[email protected]
(222) 222-2222

Baca juga : Greetings: Ungkapan Sapaan dalam Bahasa Inggris dan Contoh Responnya.

Contoh 2: Kategori Menarik

Dear Russ Roman,

I have a problem. See, my inbox currently (and embarrassingly) hosts 1,500 unread emails-including newsletters from at least 50 different brands.

But this problem only fuels my passion for creating emails that are worth opening. Because from my perspective, as someone who can barely get through their own stack of mail, that’s a true win.

I’ve been following Vitabe for years, and can proudly say that I open every single email you send to me. I’m a sucker for a good subject line-“Take a Vitamin-ute-We’ll A-B-C You Soon” being my favorite-and the way your email content feels both fun and expert-backed really speaks to me. This is why I’m thrilled to submit my application for a role as email marketing manager at your company.

I have over four years of experience working in the email marketing space. In my current role at Westside Bank, I was able to implement new email campaigns centered around reengaging churned clients. By analyzing data around the types of clients who churn and the engagement of our current email subscribers, as well as A/B testing headlines and newsletter layouts, we were able to increase email subscribers by 15% and convert 30% of those subscribers to purchase our product, a significant increase from the previous year. I also launched a “Your Credit Matters” newsletter focused on educating our clients on how they spend and manage their credit-which became our highest performing campaign in terms of open-rates and click-through to date.

Previously, as a member of the marketing team at Dream Diary Mattresses, I collaborated with the sales and product team to understand how I could best support them in hitting their quarterly goals. One specific project involving creating personalized emails for customers drew more people to come back to our site after 30 days than direct paid ad campaigns, leading to a 112% increase in revenue from the last quarter.

I take the content I write and the calendars I manage seriously, editing and refining to the point beyond being detail-oriented into scary territory, and I feel my experience and drive would greatly help Vitabe further develop their email program for success.

Thank you very much for your time and consideration. I look forward to hearing from you.

Lad Miller
[email protected]
(987) 654-3210

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris di atas ditujukan untuk posisi paralegal (contoh 1) dan marketing manager (contoh 2). Sesuaikan format dan konten dengan posisi yang Anda lamar, ya!**

(ZS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.