Perusahaan Indonesia Yang Masuk Forbes Global 2000

Lintas7News.com – Majalah bisnis Forbes merilis daftar 2.000 perusahaan publik terbesar dunia tahun ini atau Global 2.000 World’s Largest Public Company. Dalam daftar tersebut ada tiga perusahaan Indonesia dan semuanya merupakan BUMN.

Ketiganya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Dilansir dari CNNINdonesia.com – Forbes menyebut peringkat diberikan berdasarkan analisis empat faktor, yakni keuntungan, penjualan, aset, dan nilai pasar.

BRI, sebagai perusahaan terbuka terbesar dari Indonesia versi Forbes menduduki posisi ke 362 dengan nilai pasar US$36,5 miliar. Pada tahun lalu, BRI membukukan penjualan US$10 miliar, keuntungan US$1,3 miliar, dan aset sebesar US$107,6 miliar.

Sedangkan, Telkom Indonesia berada di peringkat ke 762 dengan nilai pasar senilai US$22,9 miliar. Kemudian, penjualan dinyatakan sebesar US$9,2 miliar, keuntungan US$1,3 miliar, dan aset US$15,8 miliar.

Di posisi ke 1.742 ada BNI yang mencatat nilai pasar senilai US$7,6 miliar, penjualan US$5 miliar, keuntungan US$225,6 juta, dan aset sebesar US$63,4 miliar.

Sedangkan di kancah dunia, posisi pertama diduduki oleh perusahaan asal China, ICBC dengan nilai pasar US$249,5 miliar.

Posisi sepuluh besar didominasi oleh perusahaan asal AS dan China. Misalnya JPMorgan Chase di posisi ke-2, Berkshire Hathaway di posisi ke-3.

Daftar diteruskan oleh China Construction Bank yang menduduki posisi ke-4 dan Saudi Aramco, perusahaan minyak milik Arab Saudi di posisi kelima.

Lalu, ada Apple, Bank of America, Ping An Insurance Group, Agricultural Bank of China, dan Amazon dengan urutan secara berturut-turut.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.