Sidang Tahunan MPR Dihadiri 2 Mantan Presiden Indonesia

Lintas7News.com – Dua mantan Presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, Senin (16/8). Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan keduanya bakal hadir secara virtual.

“Undangan yang mengikuti secara virtual antara lain dua mantan presiden yakni; Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Dasco, Minggu (15/8).

Dasco menambahkan, empat mantan wakil presiden juga bakal hadir secara virtual. Mereka yakni Try Sutrisno, Hamzah Haz, Jusuf Kalla, dan Boediono.

Lebih lanjut, kata Dasco, pihaknya turut mengundang dua mantan Ketua MPR, empat mantan Ketua DPR, dan empat mantan Ketua DPD dalam agenda Sidang Tahunan. Kemudian, 540 anggota DPR dan 124 anggota DPD juga bakal hadir secara virtual.

“103 duta besar/perwakilan negara sahabat, 8 pimpinan BPK, 9 jajaran Mahkamah Agung, 7 orang jajaran Mahkamah Konstitusi, 6 orang jajaran Komisi Yudisial, dan 34 gubernur se-Indonesia,” tuturnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Politikus Partai Gerindra itu mengatakan pelaksanaan sidang tahunan MPR kali ini bakal berjalan secara sederhana dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat digelar di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Sidang hanya dihadiri 60 orang secara fisik di kompleks MPR/DPR Senayan, Jakarta dan sisanya secara virtual. 60 orang yang hadir secara langsung di antaranya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kemudian pimpinan DPR sebanyak 5 orang, pimpinan MPR (10 orang), ketua fraksi/kelompok DPD (10 orang). Lalu, ketua fraksi di DPR sebanyak 9 orang, pimpinan DPD (4 orang), perwakilan subwilayah (4 orang), serta pimpinan lembaga negara (Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY) juga akan hadir langsung.

“Selain itu dari unsur pemerintah, di antaranya Menko Polhukam, Menko PMK, Menko Marives, Menteri Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri,” kata dia.

Lebih lanjut, menurut dia, sesuai protokol kesehatan, semua yang hadir dalam Sidang Tahunan juga wajib menjalankan tes PCR untuk memasuki ruang sidang.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan diselenggarakan di Gedung Nusantara Komplek MPR/DPR, Senin, (16/8) pukul 08.30 WIB.

Bambang memaparkan bahwa Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugasnya selama setahun terakhir dalam Sidang Tahunan MPR.

Hal itu bertujuan agar rakyat bisa mengetahui sejauh mana kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara selama setahun terakhir ini.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.