Untuk Pertama Kalinya AL Istael Gelar Latihan Bersama AL Saudi

Lintas7News.com – Angkatan Laut (AL) Israel untuk pertama kalinya mengikuti latihan kemaritiman multinasional bersama Arab Saudi. Latihan gabungan itu dipimpin oleh Amerika di Laut Merah.

Angkatan Laut AS menyatakan, lebih dari 9.000 orang dari 60 militer akan ambil bagian dalam Latihan Maritim Internasional (IMX). Latihan itu berfokus pada sistem angkatan laut tak berawak dan penggunaan kecerdasan buatan.

Tidak hanya Saudi, sejumlah negara yang tidak memiliki hubungan formal dengan Israel, seperti Oman, Komoro, Djibouti, Somalia, Yaman, dan Pakistan, ikut gabung latihan. Begitu pula sejumlah negara yang sudah melakukan normalisasi dengan Israel, seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain turut bergabung.

“Armada Kapal Rudal dan Unit Misi Bawah Laut akan berlatih dengan Armada ke-5 Amerika di wilayah Laut Merah, sebagai bagian dari latihan keseluruhan,” demikian pernyataan Pasukan Pertahanan Israel, Selasa (2/1).

“Latihan ini akan memperkuat keamanan regional kami dan memajukan kerja sama regional kami,” imbuhnya.

Latihan dimulai pada hari Senin dan dijadwalkan berlangsung selama hampir tiga minggu, berakhir pada 17 Februari 2022.

Angkatan Laut Israel akan berpartisipasi dalam bagian dari latihan yang diadakan di Laut Merah. Beberapa bagian latihan juga akan berlangsung di Teluk Arab, Laut Arab, Teluk Oman, dan Samudra Hindia bagian utara.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Diketahui, Angkatan Laut AS rutin melakukan latihan setiap dua tahun sejak 2012. Kegiatan itu menjadi latihan angkatan laut multinasional terbesar di Timur Tengah. Juga, latihan tak berawak terbesar di dunia, dengan lebih dari 80 sistem tak berawak dari 10 negara yang berpartisipasi.

Pelatihan fokus pada peningkatan kemampuan dalam komando dan kontrol, kontrol laut, operasi keamanan maritim, dan penanggulangan ranjau.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.