3 Surat Alquran yang Bagus Dibaca Saat Bulan Ramadan

Lintas7news.com – Dari sekian banyak surat atau surah dalam Alquran, beberapa di antaranya ada yang memiliki keutamaan untuk dibaca selama bulan Ramadan.

Surat Alquran yang bagus dibaca saat bulan Ramadan ini tentunya bisa Anda lafalkan ketika tadarus atau menjalankan salat wajib dan sunah.

Selain itu, manfaat membaca Alquran ketika berpuasa dinilai seperti sedang melakukan amalan baik sehingga mendatangkan pahala.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – berikut surah Alquran yang dapat Anda baca karena memiliki arti baik seputar kemuliaan puasa Ramadan.

1. Surah Al-Baqarah ayat 185

Surah pertama ini ada dari Al-Baqarah ayat 185 tentang anjuran menjalankan puasa dan peringatan qadha.

Syahru ramadaanallazii unzila fiihil-qur’aanu hudal lin-naasi wa bayyinaatim minal-hudaa wal-furqaan, fa man syahida mingkumusy-syahran falyasum, wa man kaana mariidan au’alaa safarin fa’iddatum min ayyaamin ukhar, yuriidullaahu bikumul yusra wa laa yuriidu bikumul usra wa litulmilul’iddata wa litukabbirullaaha’alaa maa hadaakum wa la’allakum tasykurun.

Artinya: “Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang batil. Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan dia tidak berpuasa, maka wajib menggantinya sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari lain.”

“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. (QS. Al-Baqarah ayat 2:185).”

2. Surah Al-Baqarah ayat 286

Surah Alquran yang bagus dibaca saat bulan Ramadan ini mengandung pembahasan mengenai ampunan dosa sebagaimana keutamaan Ramadan yaitu bulan penuh ampunan.

La yukallifullahu nafsan illa wus’aha, laha ma kasabat wa’alaiha maktasabat, rabbana la tu akhizna in nasina au akhta na, rabbana wa la tahmil alaina isran kama hamaltahu alalazina ming qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa’fu anna, wagfir lana, war hamna, anta maulana, fansurna ‘alal qaumil kafirin.

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebajikan yang diusahakannya dan ia mendapat siksa dari kejahatan yang dikerjakannya. Mereka berdoa, Ya Tuhan kamu, janganlah Engkau hukum kamu jika kami lupa atau kami tersalah.”

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

3. Surah Al-Qadr

Surah Al-Qadr juga termasuk bagus dibacakan selama bulan Ramadan. Terlebih artinya mengandung makna perihal keistimewaan malam lailatul qadar.

Inna anzalnahu fi lailatil qadr, wa ma adraka ma lailatul qadr, lailatul-qadri khairum min alfi syahr, tanazzalul mala ikatu war ruhu fiha bi izni rabbihim, min kulli amr, salamun hiya hatta mala’il fajr.

Artinya: “Sesungguhnya kami telah menurunkannya Alquran pada malam qadar dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah malam itu sampai terbit fajar.”

Itulah ketiga surah Alquran yang bagus dibaca saat bulan Ramadan dan diamalkan dalam menjalani ibadah sehari-hari.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.