Jokowi Presiden Pertama ke China Temui XI Tahun Ini Apa Misinya?

Lintas7news.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersiap bertolak ke China dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Senin (25/7) pukul 13.00 WIB.
Jokowi akan jadi presiden pertama yang menemui Presiden Xi Jinping di Beijing China pada 2022 ini.

Kunjungan Jokowi ke China merupakan bagian dari misi lawatan ke negara-negara Asia Timur. Jokowi juga direncanakan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan pada pekan ini.

Lawatan Jokowi ke tiga negara Asia Timur itu dilakukan untuk membawa misi penguatan kerja sama ekonomi.

“Fokus kunjungan adalah membahas penguatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam jumpa pers virtual pada Kamis (21/7).

Selain itu, Jokowi juga akan membahas sejumlah isu di kawasan Asia-Pasifik.

“Selain membahas penguatan kerja sama bilateral, Presiden [Jokowi] dan para pemimpin ketiga negara tersebut, tentunya di dalam pertemuan bilateral masing-masing, akan membahas perkembangan terakhir beberapa isu kawasan dan isu internasional,” lanjut Retno.

Retno memaparkan kunjungan Jokowi ke Beijing bakal dilakukan pada Selasa (26/7).

“Rencana kunjungan Presiden RI ke Beijing akan dilakukan pada 26 Juli 2022, sementara ke Tokyo 27 Juli, dan ke Seoul 28 Juli 2022. Kunjungan ini adalah kunjungan yang singkat, tiga hari untuk tiga negara,” ujarnya lagi.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Dalam kunjungan ke tiga negara itu, Jokowi akan bertemu dengan berbagai petinggi negara. Di China, Jokowi bakal bertemu dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping.

Di Jepang, Jokowi akan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida. Sementara di Korsel, Jokowi bakal bertemu dengan Presiden Yoon Suk Yeol.

(CNNIndonesia/NB)


Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.