Komnas HAM Kaji Kirim Psikolog Independen untuk Istri Sambo

Lintas7news.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengaku tengah mengkaji pengiriman tim psikolog independen bagi istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengingat sampai saat ini Putri dikabarkan masih mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD).

“Kita bisa mengusulkan, sebetulnya penyidik sudah bisa mendatangkan tim psikologi independen untuk mebguji apa benar dia mengalami PTSD,” ujarnya dalam diskusi daring, Jumat (5/8).

“Apa benar dia alami itu karena sudah tiga minggu, kalau benar ya harus dihormati hak-haknya,” sambungnya.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Taufan mengatakan, lewat pengiriman tim psikolog independen itu nantinya juga dapat diketahui kondisi psikologis Putri yang sebenarnya.

Sehingga, kata dia, apabila dirasa sudah membaik bisa mulai dilakukan pemeriksaan terhadap penyidik. Termasuk oleh Komnas HAM untuk mengetahui ada tidaknya pelanggaran hak asasi kekerasan seksual.

Lebih lanjut, Taufan mengatakan pihaknya juga belum yakin ada pelecehan seksual dalam kasus kematian Brigadir J. Taufan berkata belum menemukan saksi mengenai hal itu. Dengan demikian, Komnas HAM belum bisa menyimpulkan dugaan tersebut.

“Jadi, saksi yang menyaksikan penodongan itu tidak ada, makanya kami juga belum bisa meyakini apa terjadi pelecehan seksual atau tidak,” kata Taufan dalam sebuah diskusi daring, Jumat (5/8).

Sementara itu, Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mengaku siap diperiksa Komnas HAM terkait dugaan kekerasan seksual yang dilakukan Brigadir J.

“Komnas HAM belum ada panggilannya, insya Allah kalau dibutuhkan keterangannya dan kondisi klien kami memungkinkan, klien kami siap hadir,” ujar kuasa hukum Putri, Arman Hanis saat dikonfirmasi, Jumat (5/8).

(CNNIndonesia/NB)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.