Tanggapan Para Politisi Soal Partai Lolos dan Tidak Lolos sebagai Peserta Pemilu

Ilustrasi Geliat lembaga pemantau menyongsong Pemilu 2024 (Foto: alinea.id)

Ilustrasi Geliat lembaga pemantau menyongsong Pemilu 2024 (Foto: alinea.id)

LINTAS7NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 17 partai politik (parpol) sebagai kandidat pemilu 2024.

Peserta pemilu 2024 dinyatakan telah memenuhi syarat melalui tahapan verifikasi faktual.

“Menetapkan 17 parpol yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilu, anggota dewan perwakilan rakyat, dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah tahun 2024,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Pihaknya menjelaskan usai Rekapitulasi Nasional Hasil Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (14/12) melalui keterangan tertulis.

Penetapan tersebut tertulis dalam Surat Keputusan KPU Nomor 518 Tahun 2022 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR, DPRD, dan Parpol Lokal Aceh Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR Aceh dan Kabupaten/Kota Tahun 2024. 

Berdasarkan verifikasi faktual terdapat 18 parpol yang telah dilaksanakan KPU dari tingkat pusat hingga daerah, didapatkan rekapitulasi nasional.

Namun, terdapat 1 parpol yang tidak memenuhi syarat yakni Partai Ummat. Sehingga dinyatakan tidak lolos menjadi peserta pemilu.

Fahri Hamzah sebagai salah satu politikus yang dikenal memiliki argumentasi kuat terhadap suatu permasalahan. Cuitannya di Twitter pun seringkali kritis dalam menyikapi sesuatu. Terakhir petinggi Partai Gelora ini menuliskan ucapan terimakasih atas dukungan masyarakat Indonesia.

(Anis Matta (kiri) bersama Fahri Hamzah (kanan) pimpin partai Gelora. Sumber: cakrawala.co)

“Sampai titik ini tidak bisa menghindari bantuan dan dukungan berbagai pihak dan seluruh masyarakat Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas doa dan dukungan sehingga kami dapat menjadi salah satu peserta pemilu 2024.” tulis @Fahrihamzah.

Berbicara mengenai 1 partai yang tidak lolos, Partai Ummat merupakan partai yang dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Diketahui bahwa Partai Ummar mengajukan keberatan dari hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional, hasil verifikasi, dan penetapan parpol peserta pemilu. Sehingga Partai Ummat tidak dinyatakan lolos verifikasi faktual. Video yang diunggah dalam kanal Youtube Amien Rais Official mengundang banyak persepsi dari segala elemen. Seperti cuitan yang diunggah akun tweeter @musnimunir.

Partai Ummat melawan dugaan skenario jahat untuk menyingkirkan Partai Ummat dari pemilu 2024
(Foto: Tangkapan Layar Youtube Amien Rais Official)

“Sy bukan anggota apalagi pengurus Partai Ummat, tetapi sy tdk percaya Partai Ummat tidak lolos menjadi peserta pemilu 2024 karena tdk mmnhi syrt yg ditentukan UU. Dugaan sy ada intervensi utk habisi M. Amien Rais yg terll vokal & utk lindungi PAN yg terancam jika P. Ummat lolos,” ujar Musni dalam akun tweeter @musnimunir.

Terlebih pada Partai Demokrat yang mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga turut menuliskan cuitannya usai ditemui awak media

Ketum AHY ikuti acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024
(Foto: Tangkapan Layar Tweeter @PDemokrat)

“Sebelum memasuki Gedung KPU untuk mengikuti acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Ketum AHY sudah ditunggu sejumlah wartawan terkait acara ini dan tentu perkembangan isu-isu terhangat.” tulis @PDemokrat.

“Alhamdulillah, di hari Rabu tanggal 14 Desember 2022 ini, Partai Demokrat kembali mendapatkan nomor urut 14 dalam Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Insya Allah, Partai Demokrat akan S14P menjemput kemenangan di 2024, memperjuangkan perubahan dan perbaikan,” tweet @Pdemokrat pada Rabu, 14 Desember 2022.

(OAS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.