Alasan Rivan Nurmulki Tak Ikut Timnas Voli Asian Games 2023

Rivan Nurmulki Atlet Tim Bola Voli Putra Indonesia (Lintas7news)

LINTAS7NEWS – Rivan Nurmulki tak dipanggil lagi ke Timnas Voli Putra Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2023. Berikut kronologi Rivan tidak dipanggil masuk ke skuad Asian Games.

Siapa yang tak kenal Rivan Nurmulki, atlet voli nasional putra yang namanya sedang naik daun. Pada kesempatan kali ini Rivan tak diikutsertakan dalam laga Asian Games 2023. Apa penyebabnya? Mari kita simak.

Setelah menyelesaikan laga Kejuaraan Voli Asia 2023, Timnas Voli Indonesia langsung mengumumkan pemain yang bakal dibawa mengikuti pesta olahraga Asia yang berlangsung pada bulan depan.

Namun dari 14 nama yang diumumkan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), tidak ada nama Rivan. Akun Medsos PBVSI pun banjir komentar netizen yang menanyakan nama sang atlet andalan tersebut.

Mengulas sedikit tentang Rivan, ia adalah sosok penting dalam Timnas Voli Putra Indonesia yang sering kali ikut serta dalam peraihan medali emas SEA Games 2023. Rivan juga merupakan punggawa tim Merah Putuh ketika berlaga di Asian Volleyball Challenge (AVC) Cup 2023.

Selepas AVC 2023, Rivan tak dipanggil dalam skuad yang berlaga di SEA V League 2023. Dalam kejuaraan level Asia Tenggara tersebut, Indonesia bermaterikan pemain-pemain tim Jakarta LavAni Allo Bank.

Meski ada beberapa nama yang bukan anggota tim LavAni, Rivan dan beberapa pemain lain seperti Hernanda Zulfi serta Fahreza Rahka Abhinaya tidak masuk dalam skuad yang kemudian menghasilkan gelar juara di seri 1 dan 2.

Keputusan meninggalkan Rivan di SEA V League saat itu juga disebut salah satu tim pelatih Erwin Rusni merupakan sarana regenerasi tim.

Pada akhir Juli 2023, Rivan sempat melontarkan kritik di media sosial terkait performa timnas voli Indonesia. Pemain yang pernah berlaga di liga Thailand dan Jepang itu menyayangkan kekurangan dana sehingga Timnas Indonesia tidak bisa leluasa tampil di berbagai ajang internasional sehingga terpental dalam ranking voli dunia.

PBVSI pun mengatakan kritik yang dilontarkan Rivan merupakan pesan positif bagi kemajuan voli Indonesia dan menyebut tidak akan menegur Rivan atas unggahan di media sosial tersebut.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBVSI Loudry Maspaitella juga memahami keresahan yang ditampilkan Rivan dan membenarkan ada keterbatasan yang membuat PBVSI tak bisa leluasa mengirimkan tim untuk mengikuti beragam agenda.

Pada awal Agustus, PBVSI mengumumkan pemain-pemain yang dibawa ke Kejuaraan Voli Asia. Rivan tidak dipanggil karena alasan mengurus pemberhentian sebagai polisi dan terkait dengan kelahiran anak kedua.

Loudry ketika itu menyatakan PBVSI akan memanggil Rivan lagi untuk kepentingan Asian Games.

“Rivan akan kita panggil kembali untuk Asian Games, sementara Nizar [Julfikar] tidak,” kata Loudry dikutip dari Antara.

Beberapa hari setelah Indonesia mengamankan peringkat kesembilan di Kejuaraan Voli Asia, tepatnya Senin (28/8) malam, PBVSI mengumumkan 14 nama untuk Asian Games 2023. Rivan tidak masuk dalam skuad tersebut.

Di posisi opposite, yang biasanya ditempati Rivan, terdapat dua nama pemain muda yakni Boy Arnez Arabi dan Agil Angga Anggara. Kedua pemain ini sudah memiliki pengalaman memperkuat timnas voli Indonesia selama 2023. Agil bahkan tampil mencuri perhatian di Kejuaraan Voli Asia.**


(RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.