Masih Berduka, Jokowi Belum Tunjuk Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Lintas7news.com – Presiden RI Joko Widodo mengaku belum menentukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) pengganti Tjahjo Kumolo yang meninggal beberapa waktu lalu.

Menurut Jokowi saat ini pengganti Tjahjo masih dalam proses. Selama belum ada menteri definitif, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditunjuk sebagai menteri ad interim hingga 15 Juli.

“Belum, masih dalam proses semuanya,” kata Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7).

Jokowi mengatakan saat ini masih dalam suasana berduka atas wafatnya Tjahjo, sehingga, ia belum memutuskan siapa sosok yang akan menjadi Menpan-RB pengganti Tjahjo.

“Kita juga menunggu, masih berduka,” ucapnya.

Sebelumnya, internal PDIP selaku partai naungan mendiang Tjahjo mengaku telah menyiapkan sejumlah nama untuk mengganti salah satu kader terbaiknya itu.

Dilansir dari CNNIndonesia.com – Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan menyodorkan nama MenPAN-RB pengganti mendiang Tjahjo ke Jokowi setelah masa berkabung.

Katanya, internal partai akan menunggu paling tidak hingga sepekan. Masinton pun menyebut sejumlah nama potensial yang akan mengisi posisi Tjahjo. Beberapa di antaranya seperti Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto, hingga Ketua fraksi PDIP di DPR Utut Adianto.

Namun dia menyebutkan kewenangan menunjuk menteri sepenuhnya berada di tangan presiden.

Tjahjo Kumolo wafat di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat pada Jumat 1 Juli 2022. Ia sempat menjalani perawatan selama dua minggu. Mantan Sekjen PDIP itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan di hari yang sama.

(CNNIndonesia/RI)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.