Kronologi Anjloknya KA Argo Semeru dan Argo Wilis

Kecelakaan kereta api (KA) yang melibatkan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis terjadi di wilayah Kalimenur, Kapanewon (Kecamatan) Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (17/10/2023) doc: Istimewa

Kecelakaan kereta api (KA) yang melibatkan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis terjadi di wilayah Kalimenur, Kapanewon (Kecamatan) Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (17/10/2023) doc: Istimewa

LINTAS7NEWS – Kereta Api Argo Semeru yang anjlok di Dusun Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (17/10/2023) sekitar 13.30 WIB sebelum bersinggungan dengan Kereta Api Argo Wilis.

Kereta Api Argo Wilis jurusan Gambir-Surabaya dari arah Jakarta, sedangkan Kereta Api Argo Semeru jurusan Bandung-Gubeng (Surabaya) dari Yogyakarta.

Awalnya, Kereta Argo Semeru sekitar pukul 13.00 WIB menuju Stasiun Gambir Jakarta, lalu mengalami anjlok hingga beberapa gerbongnya keluar rel. Di saat bersamaan, KA Argo Wilis sudah berusaha berhenti dengan mengerem namun tak bisa sehingga menyerempet KA Argo Semeru, kedua gerbong kereta anjlok.

“Kereta Argo Semeru miring anjlok ke kanan bersamaaan ada kereta Argo Wilis karena jaraknya sudah dekat sehingga menyerempet,” kata Nunuk.

Baca juga : Imbas Angin Kencang, 2 Pohon Menimpa Rumah dan Warung Warga

PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 6 memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan yang melibatkan KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di kilometer 520 +4 Petak Jalan Sentolo, Wates, Kulon Progo, Selasa (17/10).

“Penumpang sampai saat ini aman tidak ada korban jiwa, sudah dievakuasi penumpang sebagian bisa dievakuasi dibantu kereta bandara (KA Bandara YIA), dibantu juga kereta eksekutif rangkaian dari Kutoarjo,” kata Manager Humas KAI DAOP 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro.

Kris juga menjelaskan proses evakuasi gerbong KA masih berlangsung hingga minimal satu jalur bisa digunakan.

“Iya karena anjlokannya menutup ke dua jalur, anjlok menyamping menutupi jalur sebelahnya,” kata Kris.

Pihaknya di satu sisi juga masih mengusut pemicu serta kronologi dari insiden ini.

Baca juga : Pesan Wali Kota Blitar di Peringatan Hari Jadi Ke 78 Jawa Timur : Jer Basuki Mawa Beya

“Sampai saat ini masih dalam pengusutan,” katanya

“Kereta yang anjlok adalah kereta api Argo Semeru dari Surabaya tujuan Jakarta. Yang satu Argo Wilis, tidak anjlok, terhalang saja,” sambungnya.

Sementara pantauan di lokasi, KA Argo Wilis sudah mulai bergerak, garis polisi masih terpasang di sekitar TKP yang jadi tontonan warga.

(RA/OAS)

Bagikan Melalui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.